Honda Astos Martin
Honda Umumkan Kemitraan Serta Dukungan Teknis dengan Aston Martin F1 Team Pada Musim Balap Formula 1 2026. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TOKYO – Honda mengumumkan kemitraan serta dukungan teknis dengan Aston Martin Aramco Cognizant Formula 1 Team untuk musim balap Formula 1 (F1) tahun 2026. Hal ini sejalan dengan tujuan dari Honda dan juga olahraga balap Formula 1 dimana kedua belah pihak berkomitmen hendak mencapai netralitas karbon pada tahun 2030 mendatang.

Pada tahun 2026, F1 akan mengimplementasikan regulasi teknis baru dimana mesin dan motor elektrik masing-masing menghasilkan rasio daya maksimum sebesar 50/50. Peran dari komponen Energy Recovery System (ERS) semakin penting dimana komponen ini menghasilkan tenaga tambahan untuk daya pada mesin. Selain itu juga penggunaan bahan bakar terbarukan akan mulai diberlakukan.

President & CEO Honda Motor Co., Ltd, Toshihiro Mibe mengatakan “Salah satu alasan utama keputusan kami untuk mengambil tantangan baru mengenai kelanjutan kami di ajang balap F1 adalah sejalan dengan tujuan Honda dimana ajang balap F1 juga sedang menuju netralitas karbon, dan itu akan menjadi platform yang akan memfasilitasi pengembangan teknologi elektrifikasi kami.

Honda adalah perusahaan yang memiliki sejarah pertumbuhan dengan menghadapi tantangan untuk memenangkan balapan kelas dunia. Dengan peraturan baru di tahun 2026, kami akan berusaha membangun perangkat mesin dan motor listrik yang ringkas, ringan, dan berdaya tinggi dengan baterai berkinerja tinggi yang mampu menangani output daya yang tinggi dan cepat, serta teknologi manajemen energi. Kami percaya bahwa teknologi dan pengetahuan yang diperoleh dari tantangan baru ini berpotensi diterapkan langsung ke kendaraan listrik produksi massal kami di masa depan, seperti model sport listrik, dan teknologi elektrifikasi di berbagai bidang, termasuk eVTOL yang saat ini sedang dalam penelitian dan perkembangan.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Buka Turnamen Tenis Meja Antar OPD Serangkaian HUT Ke-236 Kota Denpasar

Honda dan mitra baru kami, Aston Martin F1 Team, memiliki sikap serta tekad yang sama untuk meraih kemenangan, jadi mulai musim 2026, kami akan bekerja sama dan berjuang bersama-sama untuk meraih gelar juara sebagai Aston Martin Aramco Honda.

Executive Chairman Aston Martin Aramco Cognizant Formula 1 Team, Lawrence Stroll mengatakan, sangat menyambut baik Honda dan juga HRC bergabung bersama kami.

“Melalui kemitraan ini, kami akan saling berbagi dorongan, tekad serta ambisi tanpa henti untuk berhasil di jalur yang benar. Honda adalah perusahaan global yang kesuksesannya dalam olahraga balap sudah berlangsung lama dan sangat mengesankan. Saya ingin berterima kasih kepada CEO Mibe dan juga Director Watanabe, serta seluruh tim di HRC saat kita memulai masa depan yang menyenangkan ini bersama mulai tahun 2026,” jelasnya.

President of Honda Racing Corporation (HRC), Koji Watanabe mengatakan, di tengah perubahan besar dalam bisnisnya dan juga lingkungan olahraga motorsport menuju transisi netralitas karbon, pihaknya telah membangun kembali HRC sebagai platform optimal untuk mempertahankan dan mengembangkan aktivitas olahraga motorsport sebagai kekuatan Honda.

“Kami akan membangun struktur operasional yang berkelanjutan untuk kegiatan balap kami dan terus memberikan lebih banyak mimpi dan kegembiraan bagi penggemar olahraga motorsport di seluruh dunia,” tambahnya.

Group CEO of Aston Martin Performance Technologies, Martin Whitmarsh mengatakan senang dalam karir saya telah banyak bekerjasama dengan Honda selama bertahun-tahun dan senang memiliki kesempatan untuk bermitra dengan HRC dan Aston Martin Aramco Cognizant Formula 1 Team mulai tahun 2026. Regulasi unit daya F1 2026 yang baru sangat besar dimana saya yakin perubahan tersebut dapat kami jalani dengan kesuksesan bersama.

Baca Juga :  Vespa Batik Hadir di Museum Batik Indonesia

“Kami juga berharap dengan kemitraaan strategis kami dapat membuka kolaborasi menuju tujuan bersama. Kemitraan kerja masa depan kami dengan Honda adalah salah satu bagian terakhir dari untuk rencana ambisius Aston Martin di Formula 1. Terakhir, saya ingin memberikan penghargaan kepada pemasok unit daya kami saat ini yang akan terus bermitra dengan kami untuk beberapa musim mendatang,” harapnya.

Pada musim balap F1 2023 ini, Honda melanjutkan komitmen serta dukungan kemitraan teknis dengan Red Bull Group (Oracle Red Bull Racing dan Scuderia AlphaTauri) dimana Honda masih menjadi penyedia power unit untuk kedua tim hingga akhir tahun 2025.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News