Hari Lansia
Hadiri Peringatan HLUN Ke-27, Rai Wahyuni Sanjaya Dukung Semangat Lansia Membangun Tabanan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Semangat membangun Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani (AUM) tak hanya diwujudkan oleh para generasi muda, namun kelompok lansia Kabupaten Tabanan juga tidak mau kalah dengan ikut berperan aktif mengedepankan pembangunan yang bersinergi dengan Pemerintah Tabanan. Hal ini mendapat perhatian dan apresiasi dari Ny. Rai Wahyuni Sanjaya, S.H., M.M., selaku Ketua TP PKK Kabupaten Tabanan saat menghadiri Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-27, Rabu (31/5/203).

Diselenggarakan oleh Yayasan Werdha Sejahtera Cabang Tabanan, kegiatan ini berlangsung di Gedung Kesenian I Ketut Maria Tabanan dengan dihadiri oleh Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E., M.M., yang diwakili Sekda Tabanan, Dr. I Gede Susila, S.Sos., M.Si., Kepala Sentra Mahatmiya Bali, Para Kepala Perangkat Daerah di Pemerintah Kabupaten Tabanan, Para Camat Se-Kabupaten Tabanan, Ketua Yayasan Werdha Sejahtera Bali dan Tabanan, Perbekel Desa setempat dan serta para perwakilan lansia yang ada di Tabanan.

Yayasan Werdha Sejahtera (YWS) cabang Tabanan, merupakan salah satu Yayasan yang bergerak di bidang sosial khususnya lanjut usia, di mana merupakan wadah untuk memfasilitasi dan sebagai penghubung antara anggota lansia dan pemerintah.

Dalam sambutan tertulis Bupati Tabanan yang dibacakan Sekda Gede Susila, Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-27 ini sangat penting dilaksanakan, untuk menciptakan dan mempertahankan partisipasi lanjut usia, untuk pembangunan inklusif dan maju dalam segala bidang.

Baca Juga :  Pemkab Tabanan Gelar Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII

“Sebagai Yayasan yang bergerak di bidang sosial, khususnya bagi para kaum lansia, diharapkan mampu mandiri dalam segala aspek kegiatan,” ujarnya.

Dengan mengambil tema ‘Lansia Terawat Indonesia Bermartabat’ Yayasan yang berkolaborasi dengan Dinas Sosial P3A Kabupaten Tabanan merupakan salah satu pemenuhan Hak dan Perlindungan bagi lanjut usia, maka Pemerintah Daerah bersama-sama dengan Yayasan Werdha Sejahtera Cabang Tabanan telah berupaya semaksimal membantu lanjut usia untuk melakukan kegiatan sesuai dengan Undang-undang No-13 Tahun 1998, tentang kesejahteraan lanjut usia.

Sementara itu, Ketua TP PKK Tabanan, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya menjelaskan, lanjut usia sebagai warga negara, memiliki hak, kedudukan dan peran yang sama dengan masyarakat pada umumnya dilihat dari segala aspek kehidupan dan penghidupan. Lanjut usia di Kabupaten Tabanan bedasarkan data dari masing-masing desa saat ini berjumlah 63.833 lansia, yang terdiri dari beberapa kategori yaitu lanjut usia produktif/potensial, lanjut usia bedriden, lanjut usia dengan disabilitas dan lanjut usia terlantar/tidak ada keluarga.

“Lanjut usia merupakan kaum rentan sehingga sangat diperlukan suatu upaya pemerintah untuk memberikan perlindungan dan pemenuhan hak lanjut usia. maka dengan tema ‘Lansia Terawat Indonesia Bermartabat’ kolaborasi Yayasan Werdha Sejahtera dengan Dinas Sosial juga menjadi salah satu upaya peningkatan perhatian dan kepedulian dari pemerintah kepada kehidupan para lanjut usia,” terangnya.

“Kami sangat mengapresiasi gerakan para lansia dalam kontribusinya memajukan Tabanan, melalui sumbangsih pemikiran, ide-ide dan selalu aktif saling bersinergi untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri, sudah barang tentu akan terus mendapat dukungan dan perhatian dari kami selaku TP PKK di Kabupaten Tabanan dan Bapak Bupati selaku Pemerintah Daerah,” jelasnya lebih lanjut.

Lansia yang aktif, seperti dijelaskan Ketua Panitia Yayasan Werdha Sejahtera Cabang Tabanan, Sri Malini, tergabung dalam Anggota YWS saat ini berjumlah 156 orang. Terdiri dari Ibu Rumah Tangga, Pensiunan Guru SD dan SMP, pensiunan Dokter, Bidan dan Perawat serta pensiunan PNS.

“Kegiatan kami seperti pelaksanaan senam rutin 3 kali dalam seminggu juga kegiatan sosial memberikan bantuan sembako yang dikumpulkan dari anggota kepada senior di panti jompo, ODGJ yang ada di Wanasari, kami juga melakukan tirta yatra hingga sampai ke luar Bali,” terangnya.

Baca Juga :  Purnama Sasih Jiyestha, Bupati Tabanan Sembahyang Bersama di Padmasana Kantor Bupati dan Pura Luhur Batukau

Dalam peringatan tersebut juga dirangkaikan dengan Pengukuhan Komisi Daerah Lanjut Usia Kabupaten Tabanan Masa Bakti 2023-2028, serta penyerahan bantuan kursi roda dan sembako oleh Ketua TP PKK Tabanan secara simbolis kepada para lansia.

Di kesempatan itu, Bunda Rai juga ikut meliang-liang, bernyanyi bersama dengan para lansia dengan nuansa yang penuh suka cita.

Kesolidaritasan para lansia Tabanan yang tergabung dalam Yayasan Werdha Sejahtera masih sangat bersemangat dalam membangun Tabanan. Seperti yang disampaikan oleh Kepala Dinas Sosial, I Nyoman Gede Gunawan, agar para lansia bisa ikut aktif bersinegi dengan pemerintah.

“Dalam kegiatan ini dihadiri oleh ketua TP PKK Kabupaten Tabanan sebagai Pembina lansia yang ada di Kabupaten Tabanan, beliau nanti juga akan menyerahkan kursi roda untuk penyandang disabilitas kita yang memerlukan akses untuk masalah kesehatan. Jadi mudah-mudahan dengan pelaksanaan HLUN ke-27 di kabupaten Tabanan semua lansia kita sehat dan bisa ikut tetap berpartisipasi untuk membangun Tabanan ke depan,” tandasnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News