Erajaya
Erajaya Group Bersama Kemendikbudristek Perluas Cakupan Program Kemitraan Vokasi. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – Erajaya Group, bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui Direktorat Mitras DUDI, menggelar Webinar Vokasinesia yang diikuti oleh lebih dari 500 satuan pendidikan vokasi dari seluruh Indonesia pada Rabu (17/5/2023) lalu. Kehadiran Erajaya Group sebagai mitra industri pertama dalam seri webinar ini merupakan realisasi dari komitmen perusahaan pada sektor pendidikan Indonesia, khususnya dalam mengembangkan kompetensi dan memberdayakan vokasi di dunia industri.

Chief Human Capital, Legal dan CSR Erajaya, Jimmy Perangin Angin mengatakan, Erajaya Group percaya pada pentingnya pengembangan potensi dari sumber daya manusia bagi pertumbuhan bisnis. Berdasarkan survei yang diselenggarakan Kemendikbudristek pada tahun 2021, minat masyarakat terhadap pendidikan vokasi cukup tinggi, 82,05% responden menyatakan tertarik melanjutkan pendidikan ke SMK. Sementara di Erajaya, 77% dari karyawan kami pun merupakan lulusan dari SMK atau setara. Data ini menunjukkan adanya kecocokan antara minat dan penyerapan dunia usaha atas lulusan vokasi.

Baca Juga :  Dukung UMKM, Pj Bupati Lihadnyana Bahas Perlindungan Hukum Produk Lokal Buleleng

“Kami harap webinar Vokasinesia ini bisa menjadi jembatan bagi Erajaya bersama Direktorat Mitras DUDI guna memberikan informasi dan kesempatan yang merata bagi satuan pendidikan vokasi (SPV) di seluruh Indonesia untuk mengikuti beberapa program seperti peningkatan kompetensi guru  dan  murid, penyelarasan kurikulum, program magang guru  dan  murid,  program kewirausahaan, hingga rekrutmen lulusan vokasi di unit bisnis Erajaya,” jelas Jimmy.

Plt. Direktur Mitras DUDI Kemendikbudristek, Uuf Brajawidagda menyampaikan apresiasi kepada Erajaya Group atas komitmen dan kontribusinya dalam mengembangkan pendidikan vokasi  di  Indonesia.

Baca Juga :  TPID Denpasar Gelar Pemantauan Ketersediaan dan Harga Pangan Jelang Idul Fitri

“Sebagai komitmen kami dalam mewujudkan link  and match  antara SPV  dan industri maka kami bekerja sama dengan Erajaya Group untuk menyelenggarakan webinar ini. Kami berharap SPV dapat memanfaatkan program-program yang ditawarkan oleh Erajaya Group, kami dari Dit. Mitras DUDI siap untuk menjembatani tindak lanjut kemitraan antara SPV dan Erajaya Group,” ungkap Uuf Brajawidagda.

Webinar Vokasinesia merupakan awal bagi Erajaya Group untuk melakukan inovasi program kemitraan di tahun 2023 dan ke depan. Program ini merupakan komitmen dan pemenuhan poin PKS kemitraan dengan Kemendikbudristek melalui Direktorat Mitras  DUDI  yang  telah  diperbaharui sejak  Agustus  2022  lalu.

Melalui webinar ini, Erajaya menawarkan beberapa program baru seperti program pelatihan dan magang untuk guru, program kompetisi vokasi dan kewirausahaan, program peningkatan softskill dan penunjang kompetensi vokasi, serta beberapa rencana ke depan yang akan melibatkan partisipasi dari SPV dan akan difasilitasi serta bisa diakses melalui aplikasi Erajaya Micro Learning (EMiL) atau website https://emil.erajaya.com/. Hal ini merupakan wujud kontribusi Erajaya dalam meningkatkan cakupan penerima program kemitraan yang lebih luas di skala nasional.

Program Kemitraan Vokasi adalah bagian dari salah satu pilar Lentera Erajaya Peduli, yaitu Lentera Cerdas yang merupakan program kemitraan bersama Kemendikbudristek sejak 2019. Hingga saat ini, Program Kemitraan ini telah memiliki hampir 200 lulusan PKL, lebih dari 300 guru yang tersertifikasi, serta bekerjasama dengan lebih dari 300 SMK di 19 Provinsi di Indonesia.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News