Cipta Menu
Bupati Sedana Arta Buka Lomba Cipta Menu Berbasis Sumber Pangan Lokal. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BANGLI – Masih dalam rangkaian HUT ke-819 Kota Bangli, Pemerintah Kabupaten Bangli melalui Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Bangli menyelenggarakan lomba cipta menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) berbasis sumber pangan lokal. Lomba dilaksanakan di sisi barat alun-alun Kota Bangli, pada Senin (15/5/2023) pagi.

Lomba yang diikuti oleh 10 kelompok peserta diantaranya Kelompok Wanita Tani, Siswa SMK dan masyarakat umum tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, serta dihadiri oleh Wakil Bupati Bangli, I Wayan Diar, Sekda Bangli, Ida Bagus Gde Giri Putra, Pimpinan OPD terkait dilingkungan Pemkab Bangli, serta undangan lainnya.

Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Bangli, I Wayan Sarma dalam laporannya menyampaikan, tujuan diselenggarakannya lomba cipta menu pangan lokal ini adalah dalam rangka meningkatkan pengetahuan serta pemahaman masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan yang Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) dengan memanfaatkan pangan lokal.

“Selain itu juga untuk mendorong dan meningkatkan kreatifitas masyarakat dalam.mengembangkan atau menciptakan menu berbasis sumber daya lokal serta bernilai komersial,” jelasnya.

Baca Juga :  Bupati Sedana Arta Buka Acara Duta GenRe Bangli 2024

Pihaknya menambahkan dalam lomba kali ini, menu yang dilombakan dengan kategori : makanan pembuka, makanan pokok dan makanan penutup dengan pilihan kategori untuk menu anak dan menu dewasa yang bersumber dari pangan lokal. Sedangkan jumlah peserta 10 kelompok yang berasal dari unsur masyarakat, siswa SMK yang ada di Kabupaten Bangli, dan dari Kelompok Wanita Tani (KWT).

Para juri dalam lomba ini berasal dari komunitas Indonesia Chef Asosiatian (ICA) Kabupaten Bangli, Dinas kesehatan, dari unsur PKK Kabupaten Bangli. Kepada para pemenang ditiap kategori akan diberikan hadiah uang yaitu Juara 1 Rp2.500.000, Juara 2 Rp1.500.000, dan Juara 3 Rp1.000.000 serta piagam.

Baca Juga :  Bupati Bangli Pimpin Rapat Persiapan Groundbreaking Bangli Sport Center Tahap I

Sementara itu, Bupati Bangli dalam sambutannya menyampaikan, pentingnya mewujudkan ketersediaan, keterjangkauan, dan pemenuhan konsumsi pangan yang cukup, aman bermutu, dan bergizi seimbang, diamanatkan oleh Undang-Undang (UU) Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan dan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2015 tentang Ketahanan Pangan dan Gizi disebutkan bahwa Pemerintah dan Pemerintah Daerah berkewajiban mewujudkan penganekaragaman konsumsi pangan untuk memenuhi kebutuhan gizi masyarakat.

“Seperti yang kita ketahui pemenuhan kebutuhan pangan seyogyanya tidak hanya ditekankan pada aspek kuantitas tetapi juga memperhatikan kualitasnya termasuk keragaman pangan dan keseimbangan gizi. Keragaman dan keseimbangan konsumsi pada tingkat keluarga akan menentukan kualitas konsumsi dan individu, asupan makanan sesuai dengan prinsip konsumsi pangan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA),” imbuhnya.

Konsep Pola Pangan Harapan adalah melakukan penilaian terhadap konsep energi dan protein digunakan Standar/Angka Kecukupan Gizi (AKG). Hasil Widyakarya Nasional Pangan dan Gizi (WNPG) yang ke-10 Tahun 2012 menghanjurkan AKG di tingkat konsumsi pangan sebesar dan telah ditetapkan dalam Permenkes Nomor 75 Tahun 2013 sebesar 2.150 kilo kalori/kapita/hari.

Baca Juga :  Pemkab Bangli Gelar Gerakan Pangan Murah

“Kegiatan semacam ini adalah salah satu untuk merubah pola pikir masyarakat akan pentingnya bahan sumber karbohidrat komplek non beras seperti umbi-umbian dan produk olahan jenis kue/makanan melalui upaya pemberdayaan wanita untuk mengoptimalkan pemanfaatan pekarangan sebagai sumber pangan dan gizi keluarga, dengan membudidayakan berbagai jenis tanaman sesuai kebutuhan keluarga seperti aneka umbi-umbian, sayuran, buah dan lain-lain sebagai tambahan ketersediaan pangan sumber karbohidrat, vitamin, mineral dan protein. Dengan Konsep P2L (Pekarangan Pangan Lestari),” tambahnya.

Bupati berharap, melalui Lomba Cipta Menu Pangan Lokal ini bisa meningkatkan kualitas konsumsi pangan lokal di Kabupaten Bangli.(an/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News