BASAbali Wiki
BASAbali Wiki Gelar Wikithon Partisipasi Publik, Ajak Generasi Muda Aktif Berbahasa Bali. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – BASAbali Wiki melangsungkan Wikithon Partisipasi Publik, kompetisi menuliskan paragraf singkat tentang ‘Apa gagasan, pikiran, impian, dan harapanmu untuk Bali hari ini dan masa depan?’ pada Selasa (9/5/2023).

Kompetisi yang diadakan selama 15 jam ini melibatkan siswa SMA/SMK, mahasiswa, dan umum. Kompetisi secara resmi dibuka secara virtual pukul 09.00 WITA di Studio Mini Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Provinsi Bali, melalui program Nyapa Guru dan Siswa.  Sebanyak 160 sekolah dari seluruh Bali berpartisipasi dalam sesi pembuka ini.

Baca Juga :  Pertamina Tambah 130 Ribu Lebih Tabung LPG untuk Pulau Bali

Prof. Dr. I Nyoman Sudiana, M.Pd., anggota tim ahli bidang pendidikan Provinsi Bali yang menjadi pembicara dalam webinar tersebut menyampaikan pentingnya generasi muda untuk aktif menyampaikan pemikirannya melalui bahasa Bali.

“Bahasa Bali apabila tidak sering digunakan akan mati. Oleh karena itu, mari pemuda Bali rajinlah mengikuti kegiatan-kegiatan termasuk perlombaan berbahasa Bali agar kita terbiasa menggunakan bahasa Bali sehingga bahasa Bali tetap lestari,” ujar Prof. Sudiana, yang juga menjadi juri dalam kompetisi ini.

Lomba secara maraton juga diadakan langsung di SMKN 5 Denpasar, SMAN 1 Tabanan, dan STKIP Amlapura. Hingga pukul 23.59 WITA  terhitung 2.343 entri atau karya dari para milenial, yang masuk dalam shelf/rak ‘Public Voices’ atau ‘Suara Rakyat’ dalam subkategori ‘Satu Hari di Bali’.

Putu Eka Guna Yasa, Managing Director BASAbali Wiki menyatakan, Wikithon ‘Satu Hari di Bali’ ini merupakan sebuah event yang terinspirasi dari event One Day in China pada tahun 1930 an dan One Day in Ithaca pada tahun 1980an.

Baca Juga :  Peringati May Day, Pemkot Denpasar Bersama Serikat Pekerja Akan Gelar Pentas Budaya Hingga Pembagian Doorprize

“Kami ingin terlibat dalam moment yang sama. Maka kami mengajak seluruh anak muda di Bali untuk menjadi bagian dari sejarah dengan berpartisipasi dalam Kompetisi Wikithon Partisipasi Publik Sehari di Bali,” tutup Putu Eka.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News