ASEAN
Pangdam Sonny Apriyanto selaku Komandan Satuan Tugas Pengamanan Wilayah (Dansatgas Pamwil) dalam event Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN atau ASEAN Summit. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, MANGGARAI BARAT – Selaku Komandan Satuan Tugas Pengamanan Wilayah (Dansatgas Pamwil) dalam even Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN atau ASEAN Summit, Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M., turut hadir dalam kegiatan Apel Gelar Pasukan yang dilaksanakan di Lapangan SMA St. Ignatius Loyola, Wae Kelambu, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, pada Sabtu (6/5/2023).

Apel Gelar Pasukan yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., tersebut bertujuan untuk mengecek dan memastikan kesiapan seluruh personel dan perlengkapan yang akan digunakan dalam tugas pengamanan para Kepala Negara dan delegasi pada kegiatan KTT ASEAN ke-42.

Baca Juga :  Bali Jadi Tuan Rumah WWF, PLN Pastikan Infrastruktur SPKLU Siap Layani Ratusan Kendaraan Listrik Delegasi

Dalam amanatnya, Panglima TNI menegaskan kepada seluruh peserta Apel Gelar bahwa sebagai prajurit yang profesional agar menunjukkan individu yang terlatih dan memahami serta menguasai tugas dan tanggung jawab masing-masing dengan baik. Ikuti setiap perkembangan dan harus selalu siap dengan segala dinamika yang terjadi.

Panglima TNI juga berharap agar dalam melaksanakan tugas mengedepankan sikap humanis, tapi tetap waspada serta lakukan tindakan tegas dan terukur bila terjadi hal-hal yang berpotensi mengganggu kelancaran jalannya KTT.

“Laksanakan tugas sesuai SOP, patuhi jalur Komando yang ada sesuai hirarki dan laporkan setiap perkembangannya serta hindari bersikap arogan karena hal tersebut hanya akan menyakiti hati rakyat. Saya yakin dan percaya kalian akan dapat melaksanakan tugas ini dengan baik,” tegas Panglima TNI.

Sementara itu, usai pelaksanaan Apel Gelar Pasukan, Pangdam IX/Udayana secara khusus memberikan pengarahan kepada para personelnya yang tergabung dalam Satgas Pamwil dan Evakuasi.

Baca Juga :  Perkuat Silahturahmi dan Menyama Braya, Wali Kota Jaya Negara Halal Bihalal Bersama DMI Denpasar

“Memang tugas ini tidak bertaruh nyawa, tapi tugas ini bertaruh harga diri bangsa. Sebab kita akan mengamankan perhelatan berskala internasional yang menjadi sorotan seluruh dunia. Kita akan mengamankan KTT ASEAN ke-42 tahun 2023. Suatu kehormatan bagi Prajurit Udayana. Sehingga saya berharap agar kita melaksanakan tugas dengan penuh tanggungjawab,” ujar Pangdam selaku Dansatgas Pamwil.

Lebih lanjut Pangdam IX/Udayana berharap dalam tugas pelaksanaan pengamanan KTT ASEAN ini juga harus berhasil dan sukses seperti pelaksanaan Pengamanan G20. Kepada para Dansubsatgas dan Danplek, Pangdam menekankan agar benar-benar menguasai medan dan yakinkan anggota memahami tugasnya masing-masing.

Baca Juga :  Ida Mahendra Jaya Ajak Masyarakat Ngrombo Wujudkan Desa Temesi Bersih dan Indah

“Saya tegaskan jangan ada yang membuat pelanggaran sekecil apapun. Jaga soliditas dan sinergitas kita terhadap rekan-rekan kita di Polri. Saya melihat sorot mata kalian hari ini, saya yakin kalian adalah Prajurit Udayana yang mempunyai moril, dedikasi dan loyalitas yang tinggi,” demikian pungkas Pangdam.

Usai rangkaian kegiatan Apel Gelar Pasukan, seluruh personel yang telah diorganisasi akan memasuki kedudukannya sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing. Pasukan yang telah insert memiliki tanggungjawab atas tugas pengamanan selama pelaksanaan KTT ASEAN berlangsung, hingga para Kepala Negara kembali ke negaranya masing-masing. (bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News