Pelatihan Membuat Banten
Puluhan Orang PKK Kelurahan Penatih Ikuti Pelatihan Membuat Banten Suci, Saji, Pregembal dan Bebangkit. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Sebanyak 40 orang anggota PKK Kelurahan Penatih mengikuti pelatihan membuat  banten suci, saji, pregembal dan bebangkit yang dilaksanakan Dinas Ketenagakerjaan dan Energi Sumber Daya Mineral Provinsi Bali dari tanggal 10 hingga 13 April 2023 di Wantilan Desa Penatih.

Lurah Penatih, I Wayan Murda mengucapkan terima kasih atas pelatihan membuat banten suci, saji, pregembal dan bebangkit yang dilakukan Dinas Ketenagakerjaan dan Energi Sumber Daya Mineral Provinsi Bali. Menurutnya, pelatihan banten ini sangat penting karena semua banten itu sering digunakan dalam upacara dewa yadnya maupun manusia yadnya.

Baca Juga :  Bupati Sanjaya Apresiasi Karya Dewa Yadnya Krama Desa Adat Cepik

Menurutnya, dengan pelatihan ini dapat meningkatan kemampuan dan pemahaman dari ibu-ibu PKK Kelurahan Penatih dalam pembuatan banten. Sehingga masyarakat tetap bisa melestarikan adat budaya Bali.

Lebih lanjut ia mengaku, masyarakat Kelurahan Penatih dalam kegiatan keagamaan untuk membuat upakara masih dilakukan secara ngayah bersama-sama. Untuk itu, pihaknya sangat bersyukur karena PKK Kelurahan Penatih bisa dipilih dalam kegiatan ini.

“Dalam gempuran ekonomi global saat ini kami sangat bersyukur Kelurahan Penatih bisa ditunjuk mengikuti pelatihan membuat banten ini. Kondisi masyarakat Penatih yang masih melestarikan tradisi membuat banten secara bersama-sama dengan konsep Ngayah, sehingga pelatihan ini sangat tepat,” katanya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News