Eco Enzyme
Peringati Hari Bumi Internasional, Ribuan Masyarakat Bali Antusias Tuangkan Eco Enzyme ke Danau Batur. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BANGLI – Ribuan masyarakat Bali memperingati Hari Bumi Internasional dengan menuangkan Eco Enzyme di Danau Batur melalui gerakan Eco Enzyme for Lake Batur pada Sabtu (22/4/2023).

Eco Enzyme adalah cairan hasil fermentasi dari limbah organik seperti limbah buah dan sayuran dengan gula merah atau molase dan air yang memiliki ragam manfaat, salah satunya menjernihkan air danau.

Nyoman Parta selaku Anggota DPR RI yang turut menggagas gerakan ini mengatakan, penuangan Eco Enzyme di Danau Batur adalah wujud bakti masyarakat Bali kepada alam semesta.

“Masyarakat Bali memegang teguh nilai Tri Hita Karana, sehingga merawat lingkungan tidak hanya menjadi tugas, melainkan tanggung jawab bersama,” ungkap Parta.

Baca Juga :  Pemkab Bangli Gelar Gerakan Pangan Murah

Lebih dari 5.400 liter Eco Enzyme dituangkan oleh lebih dari 1.500 relawan yang terdiri dari unsur pemerintahan, pengusaha, penggiat lingkungan, masyarakat umum, hingga seniman Bali.

Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta mengapresiasi antusias masyarakat Bali yang datang dari berbagai kalangan.

“Kami sangat mengapresiasi antuasias semua relawan yang hadir dari berbagai latar belakang dan usia. Menunjukkan semangat dalam melestarikan lingkungan Bali masih tinggi,” ujarnya.

Sejak Desember 2022, telah dilakukan 7 kali penuangan  dengan total lebih dari 20.000 liter Eco Enzyme.

Baca Juga :  Wabup Diar Buka Sosialisasi Keterbukaan Informasi Publik Desa Tahun 2024 di Kabupaten Bangli

Gerakan Eco Enzyme for Lake Batur khusus dalam memperingati Hari Bumi Internasional dirangkai dengan beberapa acara, diantaranya lomba menggambar dan mewarnai bertema pelestarian lingkungan untuk anak-anak, pelepasan burung, bersih sampah plastik, hingga penampilan beberapa musisi dan seniman Bali.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News