Unud
Pelatihan SPMI dan Training of Trainee Auditor Audit Mutu Internal FT Unud. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Fakultas Teknik Universitas Udayana melalui Unit Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (UP3M) mengadakan pelatihan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Training of Trainee (TOT) Auditor AMI pada hari Selasa (18/4/2023).

Kegiatan yang bertempat  di Aula Wiswakarma, Gedung Fakultas Teknik Lantai 4, Kampus UNUD Sudirman ini, dihadiri oleh seluruh auditor Audit Mutu Internal  (AMI) Program Studi Sarjana dan Pasca Sarjana di Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Udayana.

Pelatihan ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang bertujuan memberikan pemahaman dan penyegaran kepada para auditor mengenai budaya mutu di Universitas Udayana. Hadir sebagai Narasumber Dr. Ni Luh Gede Astariyani, SH., MH., Dr Ni Luh Nyoman Seri Malini, SS., M.Hum., dan Prof.Ir. Ni Nyoman Suryani, M.Si.

Acara dibuka oleh Prof. Dr. Ir I Made Alit Karyawan Salain, D.E.A., dalam kapasitasnya sebagai Sekretaris LP3M. turut serta hadir dan memberikan sambutan, Dekan Fakultas Teknik Universitas Udayana.

Baca Juga :  Tahun 2024, Distan Denpasar Targetkan Vaksinasi Rabies Sasar 73.975 HPR

Dalam sambutannya, Ir. I Ketut Sudarsana, S.T., M.T., Ph.D., memaparkan dari kegiatan ini diharapkan para peserta dapat memahami standar mutu SPMI ditingkat Fakultas.

“Dan mampu menerapkan pemahaman sebagai seorang auditor dalam pelaksanaan kegiatan AMI sehingga budaya mutu di FT terus dapat ditingkatkan,” ucapnya.

Dr. Ir. Wayan Nata Septiadi, ST., MT., selaku Ketua UP3M menegaskan terlaksananya kegiatan ini diharapkan mampu memberikan pemahaman yang lebih terperinci terkait dengan budaya mutu, dokumen legal SPMI, keterkaitan SPMI dan SPME serta pentingnya pemahaman AMI bagi auditor baru.

Kegiatan ini dimulai dengan  pre-test untuk mengetahui pemahaman peserta mengenai peraturan yang berkaitan dengan SPMI dan AMI.

Materi yang disajikan oleh para narasumber mengenai Kebijakan Nasional SPMI Dikti dan SPMI Unud, Kebijakan SPMI dan Manual, Standar dan Formulir SPMI Unud, SPMI kaitannya dengan SPME (Akreditasi), Teori AMI dan Perencanaan AMI, Palaksanaan AMI dan Penyampaian Laporan AMI.

Usai penyampaian materi kegiatan dilanjutkan dengan mengadakan post-test untuk mengukur pemahaman peserta terhadap materi yang telah disampaikan.

Kegiatan TOT ini akan dilanjutkan dengan praktek Audit Mutu Internal pada bulan Juli 2023 bersamaan dengan kegiatan AMI di prodi-prodi Fakultas Teknik, Universitas Udayana oleh Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Udayana. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News