Bhakt penganyar
Diguyur Hujan Lebat, Bupati Sanjaya Pimpin Sembahyang Sradha Bhakti Penganyar di Pura Besakih. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Serangkaian ritual Karya Ida Bathara Turun Kabeh di Pura Penataran Agung Besakih, Karangasem, Bali, Pemkab Tabanan melaksanakan Sradha Bhakti Penganyar di Pura setempat. Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE., MM, didampingi Ny. Rai Wahyuni Sanjaya, memimpin langsung rombongan bhakti Penganyar Pemkab Tabanan, pada Kamis (13/4/2023) pagi.

Meski di tengah guyuran hujan yang cukup deras, Bupati Sanjaya beserta Istri dan rombongan dengan khidmat melaksanakan persembahyangan. Turut serta saat itu, Wakil Bupati, I Made Edi Wirawan, SE. beserta Istri, Ketua DPRD Tabanan, I Made Dirga, para Asisten dan Kepala OPD dan para Camat serta ratusan staf di masing-masing OPD yang juga sangat antusias dalam guyuran hujan.

Baca Juga :  Bupati Tamba Hadiri Karya Rsi Yadnya Griya Mambal Batuagung

Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa puncak Karya Ida Bathara Turun Kabeh di Pura Penataran Agung Besakih ini digelar pada Rabu, 5 April 2023 lalu, bertepatan dengan rahina Purnama Kedasa. Karya ini dilaksanakan Nyejer selama 21 hari hingga bulan Mei 2023 mendatang, dimana pada kesempatan pagi ini Pemkab Tabanan mendapat giliran melaksanakan Bhakti Penganyar.

Disamping merupakan wujud sradha bhakti kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa yang berstana di Pura Besakih, Bhakti Nganyarin ini juga sebagai salah satu upaya untuk memohon kerahayuan jagad serta meningkatkan spiritualitas diri sebagai umat beragama yang diharapkan mampu memberikan energi-energi yang positif serta memancarkan segala kebaikan kepada umat.

Baca Juga :  TP PKK Kota Denpasar Ajak Lansia Tirta Yatra di Pura Tanah Lot

Nampak juga saat itu ada pementasan Tari Topeng usai persembahyangan Bupati Sanjaya beserta Istri dan rombongan, dimana persembahyangan saat itu dipuput oleh Ida Pandita Mpu dari Griya Pangkung Prabu, Tabanan. Rasa syukurpun terucap dari Bupati Sanjaya karena bisa berkumpul dalam keadaan sehat bersama jajaran guna melaksanakan Bhakti Penganyar di Pura Penataran Agung Besakih.

Sanjaya menyampaikan terima kasih sekaligus apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran atas kebersamaan yang ditunjukkan. Sanjaya berharap kedepannya dalam kegiatan apapun, baik itu program pembangunan Pemkab dan lainnya yang bersifat positif serta yang bersentuhan langsung dengan masyarakat agar selalu dilaksanakan atas dasar kebersamaan dan kekompakan, sehingga terwujud Tabanan Era Baru yang AUM.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News