Bupati Sanjaya
Bupati Sanjaya Puji Semangat Krama Desa Adat Kuwum dan Desa Beringkit Dalam Membangun Yadnya. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Dalam menjalankan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana di Kabupaten Tabanan menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani (AUM), mengacu pada pembangunan yang terintegrasi dari hulu, tengah dan hilir. Dalam visi tersebut, Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE., MM. beserta jajaran berkomitmen mewujudkan pelestarian seni, tradisi, adat, agama dan budaya sebagai salah satu skala pembangunan prioritas.

Oleh Karena itu, Bupati Sanjaya beserta jajaran selalu berupaya hadir dalam pembangunan yang dilakukan masyarakat, terutama dalam menggelar upacara Yadnya. Seperti yang dilakukan kali ini bersama Anggota DPRD Bali, I Ketut Purnaya, Ketua DPRD Tabanan, I Made Dirga, beserta anggotanya Putu Eka Putra Nurcahyadi dan Putu Yuni Widyadnyani, Sekda dan para Kepala OPD terkait, menghadiri rangkaian Karya Ngenteg Linggih yang dilaksanakan oleh Masyarakat di Pura Desa Adat Kuwum dan di Pura Prajapati Bebajangan, Desa Beringkit, Desa Adat Belayu, Marga, Sabtu (1/4/2023).

Kehadiran Sanjaya yang saat itu juga didampingi oleh Camat dan unsur Forkopimcam, Perbekel dan Bendesa Adat setempat, disambut antusias oleh masyarakat di dua Desa Adat di Marga tersebut. Bupati Sanjaya mengaku sangat berbahagia sekali bisa berada di tengah-tengah masyarakat dalam melaksanakan Karya Agung Ngenteg Linggih, Mupuk Pedagingan, Pedudusan Agung, Ngusaba Desa Ngusaba Nini di Pura Desa Adat Kuwum, serta Karya Ngenteg Linggih dan Pedudusan Agung di Pura Bebajangan, Beringkit.

Sebagai umat Hindu, Sanjaya mengatakan, tidak bisa terlepas dari upacara upakara Panca Yadnya karena hal itu wajib dilakukan dari baru lahir sampai meninggal. Maka dari itu, selaku Kepala Daerah, Ia sangat mengapresiasi apa yang telah dibangun oleh masyarakat Desa Adat Kuwum dan Desa Beringkit dalam menjalankan kewajiban serta turut serta mengajegan ataupun melestarikan tradisi, seni, adat, agama dan budaya Bali yang adiluhung.

Baca Juga :  Serangkaian Acara WWF Ke-10, Bupati Giri Prasta Hadiri Upacara Ritual Segara Kerthi

Orang nomor satu di Tabanan juga sangat menyadari dan tidak memungkiri, bahwa upakara upacara Yadnya layaknya Ngenteg Linggih sudah tentu memerlukan biaya yang sangat besar dan juga diperlukan semangat tulus ikhlas dan gotong-royong masyarakat. Untuk itu, Sanjaya sangat mengapresiasi ketulusan dan semangat gotong-royong dari seluruh masyarakat Desa Adat Kuwum dan Desa Beringkit, Marga dalam membangun Karya ini.

“Dalam sebuah konsep pembangunan yang telah ditata secara apik oleh masyarakat, sudah tentu kami di Pemerintah juga bergotong-royong membantu masyarakat disini. Untuk menperlancar Karya ini, titiang di Pemerintah Kabupaten Tabanan ditambah dukungan para Legislatif, gotong-royong, kompak membantu warga dalam membangun Parahyangan disini,” tegas Sanjaya saat di Desa Adat Kuwum, apalagi untuk Karya tersebut dikatakannya sudah ada anggarannya di APBD kabupaten Tabanan.

Baca Juga :  Bupati Tabanan Tegaskan Komitmen untuk Percepatan Pembangunan Infrastruktur Teknologi Wujudkan Bali Smart Island

Selain itu, pembangunan akan terus berlanjut baik di Desa Adat Kuwum dan Desa Beringkit maupun di wilayah lainnya di Tabanan pasti akan terus berlanjut. Untuk itu, Sanjaya berharap kepada seluruh masyarakat agar bersatu membangun Tabanan Era Baru dan selalu kompak dalam membangun, baik itu Parahyangan, Palemahan dan Pawongan setempat. Beliau juga berpesan apalagi memasuki tahun politik, jangan sampai masyarakat terpecah belah oleh kepentingan politik serta selalu bangun komunikasi yang baik dengan pemerintah.

“Kita di pemerintah sangat komitmen membantu meringankan beban masyarakat dan saya juga berharap masyarakat selalu bersatu dengan pemerintah. Saya di ekskutif dan teman-teman di Legislatif, mari kita bersatu dengan pemerintah dan jangan pernah terlena oleh kepentingan politik sesaat yang akan membuat kita menderita kedepannya. Sekali lagi, saya sangat apresiasi kekompakan dari semeton-semeton tiang disini dalam membangun Karya,” imbuh Sanjaya.

Baca Juga :  Bupati Tabanan Hadiri Acara Penghargaan CNN Indonesia Award 2024

Terkait kehadiran dan dukungan Bupati, I Made Luja selaku Panitia Karya Ngenteg Linggih Desa Adat Kuwum menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bupati beserta jajaran. Begitu juga dengan I Nyoman Sutapa selaku Panitia Karya Ngenteg Linggih Pura Bebajangan menghaturkan terima kasih yang setingginya kepada Bupati dan jajaran. Selain memberikan doa restu, pihaknya juga berharap kehadiran Bupati beserta jajaran selalu mendukung segala kegiatan pembangunam yang dilaksanakan oleh pihaknya, baik saat ini maupun kedepannya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News