AMSI Bali
Berkontribusi dalam Mitigasi dan Anti Hoax, AMSI Bali Gelar Cek Fakta dan Raker di Buleleng. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Bali berkomitmen untuk mampu berkontribusi dalam upaya mitigasi dan gerakan anti hoax di wilayah Kabupaten Buleleng. Sebagai bentuk implementasi komitmen tersebut, AMSI Bali menggelar kegiatan cek fakta serangkaian Rapat Kerja (Raker) AMSI Bali di Bali Utara pada Jumat (7/4/2023). Komitmen tersebut disampaikan langsung oleh Ketua AMSI Bali, I Nengah Muliarta dalam keteranganya disela-sela persiapan acara Raker pada Kamis (6/4/2023).

“AMSI Bali ingin berkontribusi dalam upaya mengajak seluruh komponen di Buleleng untuk melakukan mitigasi dan melawan hoax. Kegiatan cek fakta ini hanya salah satu bagian dari kewajiban AMSI sebagai organisasi para pengelola media online dalam melakukan literasi kepada masyarakat,” kata pria asal Dawan-Klungkung yang juga merupakan akademisi Fakultas Pertanian, Universitas Warmadewa (Unwar).

Baca Juga :  PJ Bupati Lihadnyana Harapkan RSIA Puri Bunda Berkontribusi Bangun SDM Buleleng

Menurut komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Bali periode 2014-2017, pelatihan cek fakta yang dilakukan baru sebatas pengenalan cara mendeteksi hoax. Pengenalan dasar ini menjadi penting dalam upaya membekali para peserta yang terdiri dari siswa dan kalangan instansi pemerintah untuk mendeteksi hoax, sehingga hoax tidak tersebar luas.

“Jika peserta memiliki kemampuan mendeteksi dan mengenali ciri hoax, setidaknya mereka tidak menyebarkan ke teman atau kerabatnya. Mereka nantinya bisa menjadi relawan anti hoax,” tegas pria yang sebelumnya pernah menjadi reporter Radio Voice Of Amerika (VOA).

Ia mengungkapkan, bahwa khusus bagi jurnalis di Buleleng, pelatihan cek fakta berguna untuk meningkatkan kualitas jurnalistik dan menumbuhkan kesadaran jurnalis dalam memverifikasi kebenaran informasi sebelum dipublikasikan. Dengan demikian, pelatihan cek fakta dapat membantu meningkatkan kredibilitas media siber dan mengurangi penyebaran informasi yang salah.

Rapat kerja dan pelatihan cek fakta juga menjadi momen yang tepat untuk membahas situasi media siber di Bali, termasuk tantangan dan peluang yang dihadapi oleh media siber di daerah tersebut. Dengan demikian, anggota AMSI Bali dapat memahami dengan lebih baik situasi media siber di Bali dan mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mengatasi tantangan yang dihadapi.

Baca Juga :  Jumlah Formasi 3.871, Sekda Suyasa: Jangan Terpengaruh Oknum pada Rekrutmen P3K

Sedangkan Ketua Panitia kegiatan Cek Fakta dan Raker AMSI Bali, I Ketut Adi Sutrisna menyampaikan, persiapan kegiatan secara keseluruhan sudah 100%. Kegiatan akan dilangsukan di Gedung Unit IV Pemkab Buleleng. Kegiatan cek fakta khususnya nanti akan melibatkan Kominfo Buleleng, Mahasiswa STAH dan Universitas Pendidikan Ganesha, serta Komunitas Jurnalis Buleleng.

“Persiapan sudah final, untuk peserta Raker sudah ada yang tiba di Buleleng dan sisanya akan datang pada Jumat pagi,” kata I Ketut Adi Sutrisna atau yang lebih dikenal dengan panggilan Ketut Centong.

Baca Juga :  Polisi Mulai Dalami Akun Berkomentar Negatif Tentang Desa Sidatapa

Adi menegaskan, penyelenggaran kegiatan di Buleleng ini juga menjadi bagian dari upaya memperkenalkan AMSI kepada masyarakat Buleleng. Langkah ini juga menjadi bagian dari upaya membangun jaringan AMSI di Buleleng dan menjalin kerja sama dengan para pengusaha atau pengiklan di Buleleng.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News