Tinjau TPST
Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Gubernur Bali, Wayan Koster mendampingi Menteri Kordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Luhut Binsar Panjaitan meninjau uji coba operasional Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Kesiman Kertalangu Kota Denpasar, Kamis (9/3/2023). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Gubernur Bali, Wayan Koster mendampingi Menteri Kordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Luhut Binsar Pandjaitan meninjau uji coba operasional Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Kesiman Kertalangu Kota Denpasar, Kamis (9/3/2023). Hal ini guna memastikan uji coba berjalan lancar, sehingga kelengkapan administrasi sebagai syarat operasional bisa terpenuhi.

Tampak hadir juga Kapolda Bali, Irjen Pol. Putu Jayan Danu Putra, Sekda Kota Denpasar, I.B Alit Wiradana, Jajaran Kementerian Marves RI, Jajaran Kementerian PUPR, OPD terkait di lingkungan Pemprov Bali, OPD terkait di lingkungan Pemkot Denpasar, Perwakilan PT Adhi Karya serta jajaran Bali CMPP sebagai pelaksana Operasional 3 TPST di Kota Denpasar.

Baca Juga :  LKP Miko Yessica Raih Juara 3 Tingkat Nasional

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan disela peninjauan menjelaskan, kunjungan kali ini dilaksanakan untuk mengidentifikasi serta mengevaluasi uji coba yang telah dilaksanakan di TPST Kesiman Kertalangu. Hal ini diharapkan menjadi dasar untuk pengoperasian TPST nantinya secara 100%.

“Meninjau dan Mengevaluasi untuk memastikan uji coba berjalan optimal dan segara dapat dioperasikan secara optimal,” ujarnya.

Luhut Panjaitan berharap, TPST Kesiman Kertalangu ini bisa menjadi model. Dimana, Pemerintah akan melaksanakan Pembangunan TPST di seluruh Indonesia guna mengatasi permasalahan sampah yang menjadi perhatian dunia.

“Saat ini uji coba di TPST Kertalangu sedang dilaksanakan dan akan terus ditingkatkan hingga 100% bahkan lebih, nanti optimalnya kita harapkan Bulan Juni sudah siap semua untuk 3 TPST yakni TPST Tahura Suwung, TPST Padangsambian Kaja dan TPST Kesiman Kertalangu,” kata Luhut.

Baca Juga :  Program Jembrana KEDAS Targetkan 90 Persen Partisipasi Masyarakat

Sementara itu, Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara mengatakan, peninjauan ini bertujuan untuk menginventarisasi dan memberikan rekomendasi dalam mendukung percepatan operasional TPST Kesiman Kertalangu. Pihaknya juga menekankan kepada Bali CMPP selaku pihak pengelola agar bekerja secara optimal sesuai komitmen awal, sehingga permasalahan sampah di Denpasar bisa teratasi.

Dalam kesempatan tersebut, Jaya Negara juga mengusulkan agar dilaksanakan pembangunan akses jalan memutar di Kawasan Bay Pass Ida Bagus Mantra. Hal ini guna memperpendek jarak memutar truk sampah yang akan menuju TPST Kesiman Kertalangu. Pihaknya juga optimis, dengan beropertasinya 3 TPST ini, yakni TPST Kesiman Kertalangu, TPST Tahura dan TPST Padangsambian Kaja, permasalahan sampah di Kota Denpasar bisa diatasi dengan optimal. Termasuk juga dukungan dari TPS3R serta Bank Sampah yang tersebar di desa/kelurahan.

Baca Juga :  Perjuangan Peserta Dangdut Academy Asia 4 Menuju Top 15

“Tentu kami berharap nanti dengan beroperasinya TPST di Kota Denpasar mampu mendukung optimalisasi penanganan sampah di Kota Denpasar,” jelasnya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini