Unud
Unud Gelar Seleksi Internal ONMIPA 2023. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JIMBARAN – Universitas Udayana (Unud) menyelenggarakan seleksi internal Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ONMIPA) tingkat universitas tahun 2023 bertempat di Ruang Bangsa Gedung Rektorat Kampus Jimbaran, Rabu (8/3/2023).

Seleksi internal ini diikuti oleh 84 peserta yang merupakan mahasiswa dari Fakultas MIPA, Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknologi Pertanian, Fakultas Pertanian, serta Fakultas Kelautan dan Perikanan.

Ketua Unit Penalaran dan Kreativitas Dr. Ns. Putu Ayu Sani Utami, S.Kep.,M.Kep.,Sp.K ep.Kom dalam laporannya menyampaikan seleksi ONMIPA pada tingkat Universitas Udayana ini adalah kegiatan lanjutan dari seleksi yang telah dilaksanakan oleh setiap fakultas yang telah ikut serta dalam kegiatan ONMIPA ini.

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk memperoleh masing-masing lima perwakilan dari masing-masing fakultas yang terbaik yang nantinya bisa mewakili Unud dalam setiap bidang lomba.

“Adapun lomba yang diselenggarakan meliputi Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi dan nanti selanjutnya akan mengikuti tes seleksi pada tingkat wilayah sekitar bulan April,” terang Putu Ayu.

Jumlah peserta yang ikut sebanyak 84 orang yakni 40 orang dari Fakultas MIPA, 22 orang dari Fakultas Teknik, 6 orang dari Fakultas Kedokteran, 10 orang dari Fakultas Teknologi Pertanian dan 10 orang dari Fakultas Pertanian serta 3 orang dari Fakultas Kelautan dan Perikanan. Berdasarkan lomba pada masing-masing bidang terdapat 19 peserta bidang Matematika, 17 orang bidang Fisika, 17 orang bidang Kimia dan 31 orang bidang Biologi. Seluruh peserta yang hadir akan mengikuti dua sesi tes sesuai dengan materi yang telah ditentukan.

Baca Juga :  Kuliah Tahun 2024? Ini Jadwal Pendaftaran SMBJM-CBT dan Pascasarjana Undiksha

Hasil seleksi ini akan diumumkan pada tanggal 13 Maret dan selanjutnya 5 peserta terbaik pada setiap bidang lomba akan memperoleh pembinaan hingga bulan April untuk mempersiapkan seleksi di tingkat wilayah.

“Mudah-mudahan nanti kita bisa memperoleh hasil yang terbaik dan bisa mewakili Universitas Udayana di tingkat nasional,” ungkap Ketua Unit Penalaran dan Kreativitas.

Sementara Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unud, Prof. Ir. Ngakan Putu Gede Suardana, MT., Ph.D., IPU., dalam sambutannya mengatakan, kita tahu bahwa ONMIPA ini adalah salah satu kompetisi bidang sains yang diselenggarakan oleh Dirjen Dikti dibawah Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan yang pada tahun ini segera akan dilaksanakan, sehingga persiapannya sudah kita lakukan sejak dini dan pendampingan sudah dilakukan oleh para dosen pendamping.

Baca Juga :  Sinkronisasi Kurikulum Bersama Astra Motor Bali Sekaligus Pembekalan Siswa SMK Negeri 1 Amlapura

“Hari ini Universitas Udayana akan melakukan seleksi internal. Seleksi internal ini dilakukan karena kegiatan ini berjenjang jadi internal terlebih dahulu di Universitas Udayana kemudian dikirim ke wilayah untuk seleksi wilayah setelah itu baru masuk ke jenjang nasional,” ungkap Prof. Ngakan.

Tahun lalu terdapat 90 lebih peserta yang ikut seleksi internal dan tahun ini jumlahnya menurun, namun diharapkan kualitasnya meningkat. Tentu persiapan yang dilakukan sudah dimatangkan, dan mudah-mudahan yang terbaik didapatkan. “Yang terbaik inilah yang nantinya akan kita bina, kita dampingi sehingga bisa melenggang di wilayah dan di nasional,” ujar Prof. Ngakan.

Baca Juga :  Cegah Stunting, Dinas Perikanan Badung Gelar Kegiatan Gemarikan di Cemagi

Wakil Rektor berharap ada yang meraih medali di tingkat nasional karena akan mendapat insentif cukup besar karena ini ajang bergengsi yang diselenggarakan oleh Kementerian beda dengan ajang yang diselenggarakan secara mandiri. Dalam penilaian SIMKATMAWA ajang ditingkat Kementerian nilainya lebih tinggi poinnya sehingga insentifnya diberikan berbeda dengan yang ajang mandiri.

Ajang nasional ditingkat kementerian ini juga biasanya terdapat ajang-ajang berikutnya seperti tingkat ASEAN. Untuk itu agar semuanya semangat menjadi yang terbaik. Wakil Rektor juga meminta nantinya pendampingan dilakukan secara intensif. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News