UMKM
Semarak Buleleng Bangkit, Upaya Bangkitkan Kembali UMKM Pasca Pandemi. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Malam Kebersamaan Semarak Buleleng Bangkit yang diselenggarakan serangkaian HUT ke-419 Kota Singaraja merupakan salah satu upaya untuk membangkitkan kembali Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) pasca diterpa pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Buleleng, Ketut Lihadnyana saat ditemui usai membuka secara resmi Malam Kebersamaan Semarak Buleleng Bangkit di Lapangan Buana Patra, Selasa (28/3/2023).

Lihadnyana menjelaskan salah satu tujuan dari Semarak Buleleng Bangkit adalah untuk membangkitkan UMKM yang terpuruk saat pandemi Covid-19.  Saat ini, UMKM di Buleleng sudah mulai bangkit dan perekonomian bisa berjalan lebih normal. Ini adalah tugas dari pemerintah untuk memfasilitasi kebangkitan dari UMKM tersebut.

“Kegiatan seperti ini mungkin secara rutin harus kita lakukan secara bergiliran. Di Buleleng kan banyak sekali sekolah-sekolah. Tapi wajib membeli produk-produk UMKM yang dihasilkan oleh semeton Buleleng,” jelasnya.

Baca Juga :  Pj Bupati Buleleng Pimpin Aksi Pemberantasan Nyamuk Demam Berdarah

Pria yang juga Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Provinsi Bali ini juga mengatakan pemerintah ke depan akan terus mewadahi atau memfasilitasi UMKM-UMKM yang ada di Buleleng. Selain itu, pembinaan dan kurasi terhadap UMKM juga akan terus dilakukan. Sehingga, produk-produk yang dihasilkan akan lebih baik di masa yang akan datang dan bisa bersaing.

 “Ini semua dilakukan karena perekonomian Buleleng digerakkan dari UMKM dan pertanian dalam arti luas,” ujar Lihadnyana.

Ketua Panitia Tetap HUT Kota Singaraja yang juga Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Sekda Buleleng, Putu Karuna dalam laporannya menyebutkan, HUT Kota Singaraja tahun 2023 ini merefleksikan harapan besar masyarakat Kota Singaraja dan Kabupaten Buleleng dalam menghadapi situasi dan zaman menuju kebangkitan. Menyongsong tatanan kehidupan Bali Era Baru. Ini sesuai dengan tema ‘Kuat dan Bangkit Bersama’.

“Menuju Buleleng yang Kuat, Unggul, Adaptif dan Tangguh yang disingkat KUAT dalam tema tersebut,” sebutnya.

Malam Kebersamaan Semarak Buleleng Bangkit ini akan berlangsung selama tiga hari dari tanggal 28 hingga 30 Maret 2023. Malam kebersamaan ini akan diisi dengan berbagai acara hiburan dan terdapat stan-stan UMKM seperti kuliner dan produk-produk lainnya.

Pada hari pertama diramaikan dengan perlombaan Fashion Show Endek Kasual antar pejabat eselon III dari SKPD lingkup Pemkab Buleleng. Keluar sebagai juara pertama adalah RSUD Buleleng.  Kemudian, ada Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Buleleng sebagai juara kedua dan BPKPD sebagai juara ketiga. Selain itu, ada penampil terbaik dari Disdikpora Kabupaten Buleleng dan juara favorit Bagian Hukum Setda Buleleng.(adv/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News