Unud
RS Unud Gelar Penyuluhan Kesehatan dalam Rangka World Kidney Day 2023. Sumber Foto : istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JIMBARAN – Dalam rangka menyambut World Kidney Day atau Hari Ginjal Sedunia 2023 yang jatuh pada Kamis (9/3/2023), RS Universitas Udayana selenggarakan kegiatan penyuluhan di Gedung 5 Intslasi Hemodialisa RS UNUD.

Kegiatan penyuluhan tersebut dibagi menjadi dua kegiatan yaitu penyuluhan bagi pendamping pasien dan perawat bidan serta kegiatan edukasi pada pasien yang sedang menjalani terapi hemodialisis di ruangan.

Plt Direktur Utama RS UNUD, dr. I Wayan Arya Biantara, Sp.An (KIC) yang hadir dalam kegiatan tersebut mengapresiasi perayaan WKD 2023 yang telah diselenggarakan.

“penyuluhan ini bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai kesehatan ginjal dan mempertahankan kondisi pasien yang menjalani HD,”ujarnya.

Baca Juga :  Puluhan SD Belum Miliki Kepala Sekolah Definitif, Kadisdikpora Karangasem: Maret Kita Tuntaskan

Menurut Kepala Bidang Keperawatan, Ns. Anak Agung Pramana Putra, S.Kep juga mendukung kegiatan ini untuk diikuti oleh perawat dan bidan sebagai fasilitas meningkatkan pemahaman mengenai kebutuhan pasien dengan gangguan ginjal.

Dalam pemberian materi, dr. Ni Wayan Anantika Riani, M.Biomed, Sp.PD selaku Kepala Instalasi Hemodialisis menyampaikan materi meliputi Diet pada pasien Hemodialisis hingga tips menjaga asupan makanan pada pasien terapi pengganti ginjal.

Selain memberikan edukasi bagi pasien yang menjalani hemodialisis, dr. Anantika juga menyampaikan pesan bagi pendamping pasien yang hadir pada penyuluhan untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan sebagai salah satu cara menjaga kesehatan ginjal.

Ns. Ni Putu Arysta Kusuma Dewi selaku Kepala Instalasi Humas dan Pemasaran menyampaikan dukungan penuh untuk kegiatan penyuluhan dan pemberian edukasi ini sebagai bagian dari kegiatan PKRS RS UNUD. Rangkaian kegiatan penyuluhan dan edukasi dalam rangka perayaan WKD 2023 ditutup dengan pemberian bingkisan sekaligus ramah tamah petugas kepada pasien hemodialisis RS UNUD. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News