Pantai Perancak
Resik Sampah Plastik! TP PKK Jembrana Gelar Bakti Sosial di Pantai Perancak. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JRMBRANA – Ny. Candrawati Tamba selaku Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Jembrana, bersama seluruh anggota melaksanakan kegiatan bakti sosial bersih-bersih sampah plastik di Pantai Desa Perancak, Kecamatan Jembrana, Jumat (31/3/2023).

Kegiatan dilakukan disamping untuk mengimplementasikan Pergub Bali nomor 97 Tahun 2018 tentang pembatasan timbunan sampah plastik sekali pakai dan Pergub Bali nomor 47 Tahun 2019 tentang pengelolaan sampah berbasis sumber, juga sebagai upaya menjaga ekosistem dan keindahan pantai yang ada di Jembrana.

“Sampah-sampah ini selain mencemari ekosistem, juga mengotori pemandangan pantai Perancak yang indah. Untuk itu, kita hari bergerak bersama seluruh kader dari tingkat kabupaten sampai desa untuk melakukan kegiatan bersih-bersih sampah plastik, dan kedepan ini rutin akan dilakukan di tempat yang berbeda,” kata Candrawati.

Lebih lanjut, ia ingin lewat kegiatan bersih-bersih pantai tersebut agar masyarakat menyadari akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, khususnya wilayah laut.

Baca Juga :  Pemkab Jembrana Kembali Salurkan Program Boga Tresna Werdha, Bantu Kebutuhan Gizi Lansia Terlantar

“Sekali lagi, saya berharap agar masyarakat tidak membuang sampah ke laut, terutama sampah plastik karena selain mencemari lingkungan juga dapat merusak ekosistem biota laut,” ujarnya.

Dari lingkungan yang sehat, lingkungan yang bersih, kata Candrawati Tamba akan terwujud kenyamanan dan kebahagian.

“Mulai dari hal kecil saja, menjaga kebersihan di lingkungan pekarangan rumah, banjar, dan di desa masing-masing,” pungkasnya.

Sampah yang dikumpulkan pada kegiatan bersih-bersih tersebut terdiri dari plastik bekas makanan dan minuman, botol-botol serta sampah plastik lainnya. Termasuk juga sampah alami, berupa ranting-ranting pohon, dan sampah bekas upakara yang selanjutnya dikumpulkan untuk kemudian dibawa ke TPA Peh, Desa Kaliakah. (ang/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News