Rayakan Tumpek Uye
Rayakan Tumpek Uye, Sekda Suyasa Tebar Ribuan Benih Nila. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Dalam rangka merayakan rahina Tumpek Uye, Sekretaris Daerah (Sekda) Buleleng, Gede Suyasa menebar ribuan benih ikan nila di Bendungan Danu Kerthi Desa Tamblang.

Penebaran benih ikan nila dilakukan usai persembahyangan bersama di Pura Subak kawasan Bendungan Danu Kerthi, Sabtu (25/3/2023). Ditemani Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan serta Camat Sawan, sebanyak dua puluh ribu benih ikan nila dilepaskan.

Disela-sela kegiatan Sekda Suyasa mengatakan, perayaan tumpek uye sebelumnya dilakukan dengan melepas liarkan burung di kawasan danau Tamblingan. Kali ini puluhan ribu benih ikan nila dilepaskan untuk menjaga ekosistem bendungan. Masyarakat juga diperbolehkan untuk memancing ketika ikan nila sudah besar.

“Harapannya dua bulan lagi ketika ikan nila sudah besar, seijin dari pemilik bendungan, masyarakat bisa mancing. Jadi memberikan kehidupan lagi untuk masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga :  Pj Bupati Buleleng Apresiasi TP PKK Implementasikan Ajaran Tri Sakti Bung Karno

Kedepan, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan akan memantau perkembangan benih ikan nila yang sudah tertebar ini.

“Dinas Perikanan akan melihat ikan-ikan yang dilepas ini apakah akan hidup atau tidak. Kalau sudah cocok dan bagus mungkin akan dilakukan hal yang sama lagi. Kemungkinan juga ikan ini berkembang sendiri, hasilnya kan bisa dinikmati oleh masyarakat,” kata Gede Suyasa.

Tumpek Uye/Tumpek Kandang merupakan suatu bentuk penghormatan umat Hindu di Bali terhadap Tuhan dalam perwujudannya sebagai pemelihara semua mahluk dialam semesta. Melalui tradisi ini hewan peliharaan atau ternak biasanya di upacarai menurut agama Hindu dengan harapan dapat hidup harmonis dengan semua mahluk ciptaan-Nya.(adv/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News