Unud
Penelitian Bersama, 16 Mahasiswa Kedokteran Hewan Udayana Siap Bekerja Sama dengan PT. Rhea Natural Science. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Enam belas mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Udayana (Unud) telah secara konsisten melakukan penelitian bersama dengan pihak PT. Rhea Natural Science dan PT. Armada Jaya Farm sejak Februari 2022.

Penelitian bersama yang dikoordinatori langsung oleh drh. I Made Merdana, MP ini bertujuan untuk melakukan uji lapangan terhadap produk essential oil pada ayam broiler untuk mendapatkan dosis optimum dan menentukan performance terbaik dari seluruh ayam yang diberikan perlakuan.

Setiap mahasiswa pun sudah memiliki topik penelitian yang akan dikerjakan dan diajukan sebagai judul skripsi nantinya. Topik yang diangkat antara lain adalah profil hematologi, mikrobiologi, karkas, dan histopatologi. Kemudian, pada Minggu (26/2/2023) telah dilakukan pengambilan sampel pertama setelah dua minggu pemeliharaan dan pemberian perlakukan essential oil.

Setelah empat minggu melakukan penelitian bersama, tibalah hari untuk dilakukannya pengambilan sampel terakhir sekaligus kunjungan dari Mr. Rajeev Kumar Jha yang merupakan Koordinator Research Project PT. Rhea Natural Science. Kegiatan pengambilan sampel terakhir sekaligus panen ini diselenggarakan selama dua hari mulai dari tanggal 12 Maret hingga 13 Maret 2023.

Baca Juga :  Sagung Antari Jaya Negara Tutup Posyandu Paripurna di Banjar Pande Kelurahan Renon, Upayakan Terus Dukung Layanan Kesehatan bagi Ibu hamil, Lansia Serta Balita

“Bekerja sama dengan Dok Merdana, Prof. Ardana, Dok Ocha, dan mahasiswa seperti kalian terasa menyenangkan dan saya puas dengan penelitian yang sudah dilakukan karena kalian mudah untuk diajak berdiskusi,” ungkap Mr. Rajeev Kumar Jha saat melakukan kunjungan ke kandang.

Selanjutnya, pada Senin (13/3/2023) yang merupakan hari terakhir penelitian bersama, beberapa mahasiswa melakukan penimbangan satu persatu terhadap ayam siap panen. Tak henti disana, kegiatan dilanjutkan dengan pengujian kualitas karkas dan pemeriksaan makropatologi serta uji organoleptik. Dengan berbagai pemeriksaan yang sudah dilakukan terlihat bahwa ayam-ayam yang diberikan perlakukan essential oil dari PT. Rhea Natural Science memiliki kualitas dan performa yang lebih baik daripada yang tidak diberikan perlakuan.

Baca Juga :  Inilah Tips #Cari_Aman Mengenal Tire Wear Indicatior, Lambang Petunjuk Keausan Ban

“Tentu saja mengikuti penelitian bersama ini sangat menyenangkan bagi saya karena saya pribadi mendapatkan banyak ilmu baru di dunia peternakan unggas. Terlebih lagi kami turun langsung dalam proses penelitian ini dan untuk seluruh biayanya pun ditanggung,” ungkap Junita Marzelona selaku salah seorang mahasiswa yang turut serta dalam penelitian bersama.

Penelitian bersama ini dapat dikatakan sangat membantu mahasiswa/i FKH Unud dikarenakan PT. Rhea Natural Science lah yang memfasilitasi seluruh pembiayaan uji laboratorium hingga publikasi mahasiswa. Tak hanya itu, bahkan PT. Armada Jaya Farm pun turut memfasilitasi dalam peminjaman kandang sebagai tempat penelitian dan memberikan
1.500 ayam broiler. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News