Omed-omedan Festival
Pelestarian Seni Budaya, Astra Motor Bali Hadir Meriahkan Gelaran Sesetan Heritage Omed-omedan Festival 2023. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Sehari setelah Hari Raya Nyepi disebut dengan Ngembak Geni yang mana di hari tersebut Desa Sesetan Denpasar menggelar tradisi tahunan yang dikenal dengan Omed-omedan. Kegiatan yang dikemas dengan konsep ‘Sesetan Herigate Omed-omedan festival 2023’ bisa diartikan Omed-omedan atau med-medan adalah tarik menarik, dimana tradisi ini dilaksanakan setiap setahun sekali tepatnya di hari Ngembak Geni. Tradisi ini sudah diwariskan sejak tahun 1900-an dan hanya dilaksanakan di Banjar Kaja Sesetan.

Sebagai bentuk dukungan dan komitmen terhadap pelestarian tradisi budaya Bali, Astra Motor selaku Main Dealer Resmi sepeda Motor Honda wilayah Bali, kembali berpartisipasi melalui Corporate Social Responsility (CSR) Honda Untuk Bali dalam Festival Omed-omedan sebagai rangkaian perayaan Hari Nyepi Caka 1945, yang dilaksanakan oleh Sekaa Teruna Satya Dharma Kerti Banjar Kaja Sesetan pada Kamis (23/3/2023).

Baca Juga :  Serangkaian HKG Ke-52 PKK Tingkat Provinsi Bali, TP PKK Kota Denpasar Berpatisipasi Lomba Tari Pendet dan Bernyanyi

Tradisi Omed-omedan tahun ini mengambil tema ‘Guna Dharma Kerti’ yang mengandung makna Guna adalah potensi diri, Dharma merupakan ajaran kebaikan, dan Kerti adalah berkarya, jadi arti dari Guna Dharma Kerti memiliki makna potensi diri dengan ajaran kebaikan yang berlandaskan ajaran agama untuk selalu berkarya.

Bentuk dukungan Astra Motor berupa support seragam pemuda pemudi yang akan melakukan ritual omed-omedan, membuka booth Honda Exhibition yang tentunya menyediakan tipe motor matic Honda teranyar.

Khusus Honda Exhibition penawaran menarik pun berikan pada event ini mulai dari angsuran terjangkau mulai Rp21 ribu per hari, DP mulai Rp600 ribuan, special rate bunga angsuran 1,90% juga di-support oleh leasing company FIFASTRA dengan proses kredit yang sangat cepat.

Region Head Astra Motor Bali, Yohanes Kurniawan mengatakan Sesetan Herigate Omed-omedan Festival merupakah salah satu upaya untuk pelestarian seni dan budaya, Bali kaya dengan budayanya, kehadiran Astra Motor Bali sebagai wujud komitmen Honda untuk Bali mendukung budaya Bali dan juga sesuai program Sinergi Bagi Negeri.

Baca Juga :  Airbnb-Kemenparekraf Luncuran Airbnb Entrepreneurship Academy di Indonesia

“Kami berterima kasih hingga saat ini Honda dapat berpartisipasi dalam event tahunan ini. Selain pelestarian seni budaya, ajang ini juga meningkatkan UMKM Bali yang diberikan kesempatan untuk ikut memeriahkan Omed-omedan Festival 2023. Dengan Honda menjadi bagian dari event ini tentunya berdampak positif untuk masyarakat terutama bagi yang ingin memiliki kendaraan dengan program khusus tentungan sangat menarik,” ungkap Kurniawan.

Ketua Panitia Sesetan Herigate Omed-omedan Festival 2023, Diof Adi Pramana mengatakan, kegiatan yang memiliki konsep festival seni dan budaya ini sudah berlangsung 12 kali. Sebelumnya sempat terhenti karena pandemi namun di tahun 2023 ini kembali aktif dengan serangkaian kegiatan.

Baca Juga :  Denpasar-Canberra Terkoneksi, Bandara Ngurah Rai Kini Layani 9 Destinasi di Australia

“Terima kasih atas dukungan semua pihak kepada Honda, kepada 100 UMKM yang turut memeriahkan kegiatan Sesetan Herigate Omed-omedan Festival 2023, semoga melalui tema “Guna Dharma Kerti” dapat meningkatkan potensi pemuda pemudi untuk selalu berkarya dalam melestarikan warisan budaya leluhur yang berlandaskan ajaran agama Hindu,” tutupnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News