Panen Padi Nusantara
Panen Padi Nusantara di Tukadaya, Bupati Tamba Sumringah Harga Gabah Stabil. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Secara simbolis ditandai dengan proses pemotongan padi menggunakan mesin combine harvester, Bupati Nengah Tamba penuh suka cita melaksanakan Panen Padi Nusantara dengan masyarakat khususnya para Petani di subak susun sari, Desa Tukaddaya, Kecamatan Melaya, Kamis (9/3/2023) pagi.

Diketahui panen nusantara saat ini dilakukan pada 15 hektare sawah dan menghasilkan 6,4 ton padi per hektare.

Usai mengikuti panen bersama, Bupati Tamba menyampaikan, bahwa cuaca hujan sangat mempengaruhi harga gabah, akan tetapi harganya diatas rata-rata dan masih standar harga di pasar.

Menurutnya, panen Nusantara ini memberikan semangat kepada para petani khsususnya petani padi.

Baca Juga :  Astra Motor Bali Bagikan 50 Paket Sembako Kepada Petugas Kebersihan

“Ini sangat luar biasa, beberapa hari ini harga gabah sudah sangat stabil sekali di angka Rp5 ribu bahkan sempat mencapai Rp6 ribu. Dan hari ini kita juga melaksanakan panen Nusantara seluruh Indonesia dan Jembrana bagian dari pada mengikuti arahan dari Bapak Presiden untuk panen Nusantara, ” ungkapnya.

Selain itu, Bupati Tamba menjelaskan, terkait dengan dana talangan KUD pihaknya pastikan tetap berjalan dan akan mengevaluasinya.

“Akan kita coba evaluasi, karena jangan sampai KUD itu saja yang dapat. Tetap akan kita atur berikutnya.  Kita sangat serius membantu usaha-usaha petani kita untuk tingkat kesejahteraan,” tegasnya.

Sementara, Kelian Subak Susunsar,i l Putu Witastra mengucapkan, terima kasih khususnya kepada Presiden RI, Jokowi Dodo dan Bupati Tamba atas kepedulian perhatian kepada para petani Jembrana.

Lebih lanjut, Witastra merasa senang atas hasil yang ia peroleh saat ini.

“Hari ini kami mengadakan panen bersama, dan begitu memuaskan dengan hasil 6,4 ton per hektare.  Selain itu harga gabah juga di petani sekarang mencapai Rp5 ribu. Sekali lagi terima kasih, kami selaku Subak Susunsari sangat bangga kepada Bapak Presiden dan Bupati Jembrana,” tandasnya.(ang/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News