Kompetisi Bisnis Asia Pasifik 2023
Mahasiswa FEB UGM Juarai Kompetisi Bisnis Asia Pasifik 2023. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, YOGYAKARTA – Tim Gama Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UGM berhasil menyabet gelar juara pertama dalam Institute of Management Accountants (IMA) Student AsiaPac Case Competition 2023 yang diselenggarakan pada bulan Maret 2023.

“Menjadi sebuah kebanggan bagi kami bisa terpilih menjadi First Place dalam IMA AsiaPac Student Case Competition 2023,” tutur Azzahra Aulia Hasibuan, Jumat (31/3/2023).

Aulia menjelaskan IMA AsiaPac Student Case Competition 2023 merupakan kompetisi yang diselenggarakan oleh IMA untuk mahasiswa di tingkat Asia Pasifik. Dalam IMA AsiaPac Student Case Competition 2023 mempertemukan mahasiswa dari universitas di seluruh kawasan Asia-Pasifik untuk bersaing dan menunjukkan keahliannya memecahkan masalah bisnis di dunia nyata. Selain di regional Asia Pasifik, IMA AsiaPac Student Case Competition juga diadakan untuk mahasiswa di lima reginal lainnya yakni USA, India, Eropa, China, dan Timur Tengah.

Pada IMA AsiaPac Student Case Competition 2023, Tim GAMA yang terdiri dari tersebut lima mahasiswa program Sarjana Akuntansi angkatan 2020 yaitu Aura Putri Buwono Dewi, Azzahra Aulia Hasibuan, Adisty Cantika Paramadhina (IUP), Afif Haidar Endraswara (IUP), dan Khofifah Rizza Firmansyah berkompetisi dengan tim-tim kuat lainnya di Asia Pasifik menganalisis kasus bisnis tentang Kunapipi Gardens: Transfer Pricing in The Service Industry. Dalam persiapannya tim GAMA dibimbing oleh Arief Surya Irawan, S.E., M.Com. Ak., CA.

Baca Juga :  Rapat Dewan Komisioner OJK, Stabilitas Sektor Jasa Keuangan Tetap Terjaga di Tengah Ketidakpastian Global

Aulia menjelaskan dalam kompetisi tersebut setiap tim diminta membuat powerpoint dan diseleksi hingga mendapatkan empat tim terbaik. Setelah itu, keempat tim yang dipilih diminta untuk mempresentasikan powerpoint melalui zoom meetings. Peserta harus menganalisis kasus bisnis yang kompleks tersebut secara berkelompok dan komprehensif serta memberikan solusi yang inovatif untuk mengatasi permasalahan di kasus. Setiap tim harus menunjukkan keterampilan analitis, pemikiran kritis, dan pemecahan masalah yang baik melalui solusi inovatif yang ditawarkan.

Tiga tim terbaik pada final competition IMA AsiaPac Student Case Competition 2023 memperoleh hadiah berupa Beasiswa U.S. CMA® (Certified Management Accountant) dengan nilai lebih dari US$ 2.000, kupon Amazon, dan kesempatan mengikuti ‘Team Membership Program’ dengan IMA di wilayahnya.

Baca Juga :  Perjuangan Maximos, Mahasiswa FEB Merintis Bisnis FnB dari Nol 

Selain itu, Team GAMA yang berhasil menjadi juara pertama mendapatkan kesempatan mengikuti sesi eksklusif tentang persiapan dan pengembangan karier bersama Dr. Josh Heniro selaku Senior Director, Asia Tenggara and Australasia, IMA.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News