Pasar Ramadhan
Libatkan 38 UMKM, Bupati Tamba Buka Pasar Ramadhan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Salah satu upaya Pemkab Jembrana dalam memperkenalkan produk lokal masyarakat Jembrana, tentunya dalam bentuk perdagangan usaha, dengan menyiapkan pasar sehingga muncul pangsa terhadap produk-produk yang dihasilkan.

Upaya pemerintah daerah Kabupaten Jembrana dalam hal ini dibuktikan dengan Pembukaan Pasar Ramadhan di Angkringan Negaroa Bahagia, dengan melibatkan 38 UMKM, Sabtu (25/3/2023). Pembukaan Pasar Ramadhan itu ditandai dengan pelepasan balon ke udara yang di lakukan oleh Bupati I Nengah Tamba di dampingi Wabup I.G.N Patriana Krisna beserta jajarannya.

Bupati Tamba mengatakan, bahwa ia sangat mengapresiasi terkait adanya pasar malam ramadhan. Bupati menjelaskan, bahwa sebelumnya orang yang berjualan itu hanya di tempatnya masing-masing, akan tetapi saat ini sudah ada pedagang yang keliling bahkan ada juga di ruang yang tidak terbatas (offline).

“Saya sangat setuju adanya acara ini, dan ini akan menjadi kalender khsusus untuk Hari Raya Galungan dan Kuningan kita adakan di pergung dan khusus untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri kita sediakan tempat di angkringan Negaroa Bahagia atau di pengembangan,” ujarnya.

Baca Juga :  Peringatan Harkitnas Ke-116, Bangun Optimisme Sambut Indonesia Emas 2045

Bupati menuturkan, pihaknya sempat berkomunikasi dengan salah satu produk online dari Alibaba yakni T One.

“CEO-nya orang Singapore ternyata dia juga masuk ke indonesia, beberapa hari kami sempat komunikasi dan mungkin bulan depan ini mereka akan datang ke Bali. Kita akan mencoba daftarkan produk-produk kita di T One juga,” tuturnya.

“Tentu kita dukung ini, seperti halnya UMKM kita hari ini kita juga sudah sediakan toko UMKM di Sentra Tenun Pusat Oleh-Oleh Jembrana. Mungkin hari ini belum ramai pengunjungnya akan tetapi saya yakin di tahun 2026 ketawa pasti akan menjadi pusat Sentra oleh-oleh dan menjadi pusat keramaian. Kita juga akan kedatangan tamu dari berbagai daerah maupun mancanegara-mancanegara,” sambungnya.

Selain itu, pihaknya minta kepada pelaku UMKM yang ikut pada pasar Ramadhan, khususnya yang dari luar Kabupaten Jembrana ia ucapkan selamat mengikuti dan memeriahkan acara pasar malam Ramadhan

“Semoga lancar dan ramai pengunjungnya, karena di Kabupaten Jembrana umat muslim terbesar di Bali dan saya rasa mereka akan datang kesini untuk berbelanja,” harapnya.

Bupati juga mengingatkan kepada Panitia agar selalu berkordinasi dengan Dinas terkait, Tamba juga minta panitia tetap mengutamakan ketertiban dan kenyamanan, terutamanya kebersihan.

“Disini (Angkringan) kita punya toilet agar tetap jaga kebersihannya. Jangan hari ini saja namun seterusnya. Kita harap tetap jaga kerja sama yang baik, kepercayaan ini menjadi timbal balik lah karena saya sangat setuju ada kegiatan seperti ini di Jembrana,” tegasnya.

Baca Juga :  Luncurkan Aplikasi PIJAR, Bupati Tamba Dorong Siswa Kreatif Kedepankan Teknologi Pembelajaran

Bahkan usai membuka Pasar Ramadhan, Bupati Tamba bersama Wabup Patriana Krisna melakukan kunjungan ke beberapa stand UMKM yang tersedia.

Di samping itu, selaku Ketua Panitia Pasar UMKM Persada, Eko Hadi Wardoyo menambahkan, bahwa perekonomian umat dihidupkan melalui pasar ramadhan ini dimana hampir semua pelaku usaha di Jembrana dari berbagai jenis kebutuhan turut serta.

“Adapun kegiatan ini akan berlangsung selama 2 minggu, mulai hari ini Kamis, 25 Maret 2023 sampai 9 April 2023 mendatang dengan jumlah peserta UMKM Persada dengan berjumlah 38 perserta, yakni dari Denpasar 2 peserta, Singaraja 2 peserta, Banyuwangi 1 perserta dan sisanya dari Kabupaten Jembrana. Selanjutnya akan di buka kembali di sirkuit All In One,” jelasnya.(ang/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News