Launching Siapsapa.id
Komit Dengan Tagline Kwarda Bali Goes to 4.0, Kwarda Bali Launching Siapsapa.id. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – “Kwarda Bali komit dengan tagline Kwarda Bali Goest to 4.0”. Hal itu disampaikan ketua Kwarda Bali, Dr. Made Rentin pada laporannya saat pembukaan rakerda Kwarda Bali yang dilaksanakan di Gedung Wiswa Sabha Utama, kator Gubernur Bali, Minggu (5/3/2023).

Ia menjelaskan, bahwa sejak dirinya dilantik di awal 2020, begitu tagline itu di deklarasikan, dunia ditimpa bencana Pandemi Covid-19. Akhirnya tagline ini menjadi sebuah tantangan sekaligus solusi untuk menghadapi kondisi dunia dimana manusia dilarang untuk berkumpul. Pada saat itu kegiatan kwarda Bali masih bisa berjalan karena kwarda Bali sudah merancang kegiatan-kegiatan untuk bisa dilaksanakan secara daring. Dan ketika dunia sudah mulai normal, komitmen ini terus dilanjutkan dengan membuat sistem pendataan keanggotaan Kwarda Bali yaitu siapsapa.id.

Baca Juga :  Peringati HUT Ke-22, Sekda Dewa Indra Harap RSMBM Terus Menjadi Rumah Sakit Kepercayaan Masyarakat

“Akan dibuat kebijakan lebih lanjut, mulai hari ini, setiap kegiatan kepramukaan di Kwarda Bali wajib menunjukkan kartu anggota yang bersumber dari sistem siapsapa.id, sebagai syarat utama, tanpa itu, tidak diijinkan mengikuti kegiatan,” tegasnya.

Kwarda merangkul multi sektor yang ada di Bali, karena gerakan pramuka di Bali, tidak akan bisa bergerak sendiri tanpa bantuan masyarakat.

“Pada kegiatan kali ini, kami sengaja mengundang berbagai dunia usaha, karena mereka telah banyak membantu kegiatan di Kwarda Bali, melaui CSR nya, seperti, Bali Post Group, PWI, BPR kanti, Indonesia Power, PT Bank BPD Bali, Bank Indonesia dan banyak lagi sebenarnya yang telah menbatu Kwarda bali selama ini. Untuk itu sebagai ucapan terima kasih, kami sudah memberikan penghargaan dan ini diharapkan terus berlanjut. Yang kami selalu gaungkan adalah “kolaborasi”,” tambahnya.

Sementara itu Ketua Kwarnas yang diwakili oleh Waka Bina Muda, Prof. Budi Prayitno menmyampaikan, ucapan selamat atas dilesenggarakan Rakerda Kwarda Bali, artinya sistem organisasi kepramukaan di Kwarda Bali berjalan dengan sangat baik. Apresiasi diluncurkannya aplikasi siapsapa.id sebuah sistem pendataan yang dikembangkan oleh Kwarda Bali secara real time dimana di era digitalisasi pendataan menjadi sangat penting, dan sistem digital menjadi sangat penting. Dengan digitalisasi sistem ini menunjukkan kepada dunia bahwa Kwarda Bali mengikuti perkembangan jaman. Dengan digitalisasi data ini maka informasi tentang Kwarda Bali khususnya data anggota pramuka di Bali bisa dengan cepat diketahui by name by address dan by golongan, baik siaga, penegak, pendega dan pembina.

Baca Juga :  Sekda Alit Wiradana Buka Panjer Basketball 3x3 Competition, Turnamen Basket Perdana di Kota Denpasar

“Ini adalah sistem yang sangat baik, dan mudah-mudahan sistem ini bisa dipelihara dikembangkan dari waktu ke waktu, sehingga terus terupdate,” tegasnya.

Dengan sistem ini kita bisa melihat mana anggota yang aktif dan mana tidak aktif. Dengan sistem ini juga ke depannya diharapkan pramuka ini akan menjadi lebih baik karena terus mengikuti perkembangan jaman.

Rakerda Kwarda Bali tahun 2023 dibuka secara resmi oleh Gubernur Bali, yang dalam hal ini diwakili oleh Asisten bidang Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Bali, Dr. wayan Sarinah. Selain peluncuran siapsapa.id dan pemberian penghargaan kepada pihak-pihak yang telah berpartisipasi dalam membantu gerakan Pramuka di Bali, pada acara pembukaan juga dilaksanakan penandatanganan kerja sama dengan Lapas Perempuan serta Lapas Narkoba kemenkum dan Ham Provinsi Bali.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News