Pemilu 2024
Gelar Rakernis, Bidpropam Polda Bali Pastikan Kesiapan Kawal Pemilu 2024. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Bidang Profesi dan Pengamanan (Bidpropam) Polda Bali memastikan kesiapannya untuk mengawal pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang akan serentak dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia pada 14 Februari 2024 mendatang. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kepala Bidang (Kabid) Propam Polda Bali, Kombes Pol. I Ketut Agus Kusmayadi, pada pelaksanaan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) 2023 di Hotel Grand Santhi, Denpasar pada Selasa (28/3/2023).

Pelaksanaan Rakernis Fungsi Profesi dan Pengamanan Kepolisian Daerah Bali 2023 dibuka secara resmi oleh Kapolda Bali, Irjen Pol. Putu Jayan Danu Putra pada Senin (27/3/2023) kemarin di Gedung PRG, Polda Bali, Denpasar.

Berlangsung selama dua hari, rakernis yang digelar dengan nuansa klasik tersebut mengusung tema ‘Bidpropam Polda Bali siap mengawal tahapan Pemilu 2024, serta mengamankan agenda nasional dan internasional tahun 2023 dalam rangka mendukung Produktifitas untuk Tranformasi Ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan’, turut dihadiri oleh sejumlah Pejabat Utama Polda Bali serta tamu undangan lainnya.

Ada hal unik terlihat dalam persiapan Rapat Kerja Teknis tersebut, yaitu Cinderamata bernuansa Klasik seni ukir kulit yaitu Wayang Kulit Bali yang langsung dipesan dari pengerajin Wayang Kulit yang usianya tergolong sangat remaja Putu Putra Adnyana di Banjar Dinas Desa Anyar Surabrata, Selemadeg Barat, Tabanan.

Baca Juga :  Layanan Data Seluler dan IPTV Dimatikan Saat Nyepi 2024

Dalam usianya yang masih remaja yaitu 20 tahun, Putu Putra Adnyana sudah dikenal dikalangan pecinta kesenian Wayang Kulit. Hasil karyanya sudah sampai ke pulau seberang, Jawa hingga Sulawesi.

Kerajinan kesenian wayang kulit hasil karya Putu Putra Adnyana dikemas mewah terbungkus kotak kaca serta dipadukan dengan tatakan kayu yang bernuansa sangat alami sehingga kesan klasik sangat dominan berpadu dengan nilai seni yang tinggi. Ide perpaduan nuansa alami dan seni tinggi itu dikemas apik oleh Surya Home Creative.

Baca Juga :  Suzuki Motor Bali Serahkan Unit Suzuki Burgman Street 125EX ke Konsumen Pertama

Ditemui diruangannya usai acara pembukaan Rakernis, Kombes Pol I Ketut Agus Kusmayadi, S.I.K., S.H., mengungkapkan, bahwa dirinya memilih cinderamata dari kerajinan kesenian Wayang Kulit adalah sesuai dengan Perintah Kapolda Bali yaitu pelestarian Budaya Lokal sebagai sarana Pemolisian dalam meningkatkan hubungan dengan masyarakat dan sekaligus mendukung peningkatan UMKM sebagai bentuk peran serta kepolisian khususnya Polda Bali dalam meningkatkan perekonmian masyarakat.

“Wayang ini asli terbuat dari Kulit sapi yang diukir oleh tangan-tangan terampil anak muda Bali, selain membuat wayang, kami melihat bahwa anak muda ini sudah jago memainkan wayang, kami akan terus mendukung kreativitas seni anak-anak muda yang berpotensi,” ungkapnya.

Baca Juga :  Implementasikan Proker TPAKD Denpasar Tahun 2024, Diskop UMKM Denpasar Gelar Kelas Akselerasi Pendampingan

Dihubungi via telepon, Putu Putra Adnyana mengungkap rasa terima kasih kepada Kepolisian Daerah Bali karena telah berpartisipasi dalam mendukung kreativitas seni anak-anak muda khususnya sebagai pengerajin Wayang Kulit yang berdiri sendiri.

“Terima kasih bapak Kepolisian atas Partisipasinya dan menggunakan produk kami sebagai cinderamata, semoga program seperti ini terus dilakukan oleh kepolisian,” terangnya.

Lebih lenjut, pada rakernis hari kedua, Selasa (28/3/2023) yang digelar Khusus Bidang Profesi dan Pengamanan Polda Bali di bawah Komando, diisi pemaparan materi oleh narasumber internal dan external, diantaranya dari Dandenpom X Udayana, Komandan POM TNI AU, Komandan POM TNI AD, serta Komandan POM TNI AL, yang dihadiri oleh seluruh Pejabat Utama Bidpropam Polda Bali, Kasi Propam Polres Jajaran Polda Bali dan Kanit Provos Polsek jajaran Polda Bali. (aar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News