Bibit Pohon
Dukung Program Hari Desa Asri Nusantara, Jembrana Tanam 300 Bibit Pohon. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Pemerintah Kabupaten Jembrana, mendukung penuh program Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dalam rangka Hari Desa Asri Nusantara yakni dengan Gerakan Penanaman Pohon Serentak.

Dipusatkan dikawasan Pangkung Jaka Camping Ground, Banjar Sarikuning, Desa Tukadaya, Melaya, Senin (27/3/2023) sebanyak 300 bibit pohon ditanam, dalam rangka pencangan Hari Desa Asri Nusantara di Kabupaten Jembrana.

Kegiatan penanaman bibit pohon tersebut, dihadiri secara langsung oleh Wabup I Gede Ngurah Patriana Krisna, Ketua DPRD Jembrana, Ni Made Sri Sutharmi, Ketua TP PKK, Ny. Candrawati Tamba, Kepala OPD terkait, Camat, Prebekel serta masyarakat setempat.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, I Made Yasa menuturkan bahwa sebelumnya pencanangan Hari Desa Asri Nusantara ditingkat pusat, telah dilaksanakan di Kabupaten Palelawan Provinsi Riau dihadiri langsung oleh Wakil Presiden RI, Prof. Dr. KH. Ma’ruf Amin pada 20 Maret yang lalu.

Baca Juga :  Jembrana Raih Opini WTP dari BPK sepuluh kali Berturut-turut

“Ini yang kita laksanakan hari ini, pencanangan ditingkat kabupaten, dimana dipusatkan dikawasan Pangkung Jaka Camping Ground. Ada 300 bibit pohon yang ditanam dengan jenis bibit pohon sirsak dan cempaka kuning, Disamping itu, sebelumnya juga telah dilakukan hal yang sama di 24 desa yang tersebar di kabupaten Jembrana,” tuturnya.

Pencangan Desa Asri Nusantara, kata Made Yasa, memiliki makna untuk membangun komitmen bersama serta mengingatkan kembali kepada semua pihak, betapa pentingnya untuk mewujudkan lingkungan desa yang ASRI.

“Jadi ASRI itu, aman, sehat, rindang dan indah. Penanaman pohon ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai perubahan iklim, mewujudkan desa yang bersih, hijau, dan bebas dari pencemaran lingkungan serta mengurangi risiko bencana ala,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan, Wabup Patriana Krisna, dimana program Hari Desa Asri Nusantara jika di selaraskan dengan Visi dan Misi Bupati dan Wabup Jembrana yakni Nangun Sad Kerthi Loka Jembrana, maka kepedulian akan lingkungan ini sudah sangat sejalan.

“Kita,di pemerintah daerah juga terus berubaya bagaimana mengajak masyarakat untuk senantiasa menjaga lingkungan, mulai dari hal kecil, entah itu di pekarangan rumah, di banjar maupun di desa. Melihat kondisi saat ini, yang terpenting kembali lagi adalah kesadaran, Seperti sekarang penanam pohon ini, astungkara nantinya bisa tumbuh dengan baik, sehingga lingkungan kita bisa asri,” ungkapnya.

Lebih lanjut, di hadapan para Prebekel, Wabup Ipat memberkan beberapa hal-hal yang menjadi atensi khusus. Seperti halnya, upayakan agar masyarakat menanam tanaman yang mempunyai fungsi seperti fungsi sosial, fungsi ekonomi, fungsi protektif dan maupun edukatif, mengingat bahwa saat ini banyak kondisi lingkungan kita tidak terjaga, lahan hutan kita sudah banyak yang gundul, sehingga bencana longsor dan banjir sering terjadi.

Baca Juga :  Kunjungi IKM di Jembrana, Pj Ketua Dekranasda Bali Motivasi Para Perajin Agar Terus Berinovasi

Selain itu, program gotong royong agar senantiasa dilaksanakan di setiap tempat, banjar maupun desa, dalam rangka melestarikan tradisi gotong royong menjaga lingkungan disekitar kita.

“Sekali lagi, Atas nama Pribadi dan Pemerintah Kabupaten Jembrana, Saya mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak terlaksananya kegiatan ini di Kabupaten Jembrana, selamat memperingati Hari Desa Asri Nusantara 2023,” pungkasnya.(ang/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News