MoU tibubeneng & beam
Penandatanganan kerja sama antara Direktur BUMDESA Gentha Persada Tibubeneng, I Putu Ramaditya Mardhayiska, S.Kom., M.M., dan Head of Expansion Beam Mobility Indonesia, Valentinus Ricky Sjofyan yang disaksikan oleh Perbekel Desa Tibubeneng, I Made Kamajaya, S.E. Sumber Foto : istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TIBUBENENG – Beam Mobility, perusahaan mobilitas mikro terbesar di Asia Pasifik, menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Pemerintah Daerah setempat di daerah Tibubeneng untuk meluncurkan layanan kendaraan listrik seperti skuter dan sepeda listrik berbagi. PKS ditandatangani oleh Direktur BUMDESA Gentha Persada Tibubeneng, I Putu Ramaditya Mardhayiska, S.Kom., M.M., dan Head of Expansion Beam Mobility Indonesia, Valentinus Ricky Sjofyan, serta disaksikan oleh Perbekel Desa Tibubeneng, I Made Kamajaya, S.E.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik setelah meredanya pandemi Covid-19, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Bali pada Januari 2023 mencapai 331.912 kunjungan, jauh meningkat jika dibandingkan dengan satu tahun sebelumnya yang  hanya terdapat tiga wisatawan saja. Hal ini juga dapat dirasakan di daerah Tibubeneng.

Tibubeneng merupakan daerah dengan berbagai atraksi yang menarik bagi wisatawan mancanegara maupun domestik, seperti pantai Berawa, kawasan di sekitar Canggu hingga beach clubs seperti Finn dan Atlas. Hadirnya armada Beam Mobility di Tibubeneng diharapkan dapat membawa strategi mobilitas mikro agar menjadi moda transportasi alternatif yang dipilih untuk membantu mengurangi kemacetan, polusi udara dan meningkatkan infrastruktur mobilitas, serta mendukung sektor pariwisata di daerah tersebut.

Layanan mobilitas mikro yang ditawarkan Beam Mobility berupa transportasi kecil,seperti sepeda atau skuter elektrik yang dapat disewa dalam waktu singkat untuk memenuhi kebutuhan mobilisasi masyarakat. Saat ini, Beam Mobility telah mengoperasikan layanan e-scooter dan e-bike berbagi di lebih dari 60 kota di Australia, Selandia Baru, Malaysia, Thailand, Korea, dan Turki. Di Indonesia, Beam Mobility hadir sejak 23 September 2022 di Kota Bogor.

Baca Juga :  OJK Bersama Perbankan Dukung Pengembangan Keuangan Berkelanjutan

Perbekel desa Tibubeneng I Made Kamajaya, S.E., menyampaikan, penandatanganan perjanjian kerja sama antara pemerintah desa yang diwakili oleh BUMDES Gentha Persada Tibubeneng dan PT Beam Mobility Indonesia ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan lalu lintas serta masalah lingkungan yang ada di wilayah Tibubeneng.

“Harapan kami kerja sama ini dapat memperlancar arus lalu lintas, menekan polusi udara, serta hal ini dapat menambah warna pariwisata di daerah Tibubeneng,” ucap Kamajaya.

Direktur BUMDES Gentha Persada Tibubeneng, I Putu Ramaditya Mardhayiska menambahkan, pihaknya menyambut baik penandatanganan kerja sama antara kami dan PT Beam Mobility Indonesia.  Kerja sama ini diharapkan menjadi suatu alternatif transportasi yang ramah lingkungan, baik polusi udara maupun suara di daerah Tibubeneng. Keduanya merupakan masalah serius bagi daerah pariwisata di Tibubeneng.

“Kehadiran Beam ini diharapkan memberikan pilihan serta solusi bagi masyarakat untuk mempromosikan wisata Tibubeneng yang ramah lingkungan,” harap Ramaditya.

Baca Juga :  OJK dan Kementerian Dalam Negeri Sepakat Perkuat Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD)

Terdapat 250 armada yang dihadirkan di daerah Tibubeneng yang terdiri dari dua jenis armada, yaitu Beam Rover dan Beam e-scooter. Seluruh armada Beam Mobility memiliki batas kecepatan maksimal 25km/jam, dilengkapi dengan fitur komunikasi IoT yang dapat mengunggah status setiap kendaraan secara langsung.

Hal ini memungkinkan Beam untuk menerapkan teknologi keselamatan geofencing, yang dapat secara otomatis mencegah kendaraan memasuki area geografis tertentu; pengendara yang mencoba memasuki area tersebut akan mendapati armada yang mereka gunakan melambat hingga berhenti, dan mereka harus keluar dari area tersebut untuk memulai kembali perjalanan mereka.

Beam Mobility memastikan armadanya dapat diakses oleh penggunanya, setiap armada dilengkapi dengan petunjuk penggunaan dan petunjuk keselamatan dalam berkendara. Selain itu, terdapat program pelatihan armada secara cuma-cuma yang disebut Beam Safe Academy yang akan dilakukan di kemudian hari, sebagai upaya untuk pengenalan armada Beam Mobility kepada masyarakat Tibubeneng.

Head of Expansion Beam Mobility Indonesia, Valentinus Ricky Sjofyan mengatakan, sangat mengapresiasi kolaborasi yang terjadi antara Beam Mobility dan Pemerintah Desa Tibubeneng, dan berjanji akan menyediakan layanan mikromobilitas yang baik. Pengguna Beam dapat menggunakan armada di beberapa lokasi seperti, pantai Berawa, beach clubs termasuk Atlas dan Finns, dan hotel terkenal seperti Citadines dan The Haven.

Baca Juga :  Peluncuran Program TPAKD Kota Denpasar: Kredit/Pembiayaan Sektor Prioritas Pertanian, Simpanan Pelajar, dan UMKM Bali Nadi Jayanti

“Kendaraan kami saat ini terdapat pada delapan lokasi parkir armada dan kami akan terus berupaya untuk menghadirkan lebih banyak lokasi parkir yang dapat diakses oleh pengguna Beam. Untuk metode pembayaran armada Beam, selain kartu kredit dan debit, Beam juga telah mengintegrasikan metode pembayaran populer di Indonesia, seperti Shopee pay dan Dana untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang lebih luas,” jelas Valentinus.

Sejak tahun 2019, Beam Mobility telah mendapatkan sertifikasi Climate Neutral sebagai bentuk komitmen perusahaan atas pengurangan emisi karbon. Beam juga menargetkan untuk melangkah lebih jauh dalam mengurangi emisi karbon dengan menerapkan Reduction Action Plan dengan beralih menggunakan armada elektrik dari sumber daya terbarukan yang bersertifikat.

“Kami juga menghadirkan armada yang ramah lingkungan dan aman bagi pengguna kami agar dapat digunakan secara nyaman. Kami memiliki tim yang terlatih secara khusus untuk berpatroli di seluruh daerah Tibubeneng selama 24 jam yang disebut BEAM Rapid Response Ranger, tim yang beranggotakan warga setempat ini akan membantu pengguna untuk mengoperasikan armada. Selain itu kami sangat bersemangat karena Beam akan hadir di lokasi lainnya di Bali dalam beberapa minggu kedepan,” pungkas Valentinus.(*/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News