Unud
Delegasi FK Unud Raih Juara Dua Lomba Esai Ilmiah pada Ajang EXIT 2023 Fakultas Kedokteran Universitas Andalas


. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, PALEMBANG – Dua orang delegasi FK Unud meraih Juara 2 cabang lomba esai ilmiah pada ajang Expo & Seminar Tahunan (EXIT) 2023 yang diadakan oleh MRC BEM-KM Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (FK Unand). Karya yang dibawa berjudul ‘Potensi Selada Laut (Ulva lactuca L.) Sebagai Antimikroba, Anti-Inflamasi, Dan Antioksidan Dalam Terapi Acne Vulgaris’.

Dari tinjauan ilmiah yang dilakukan pada esai tersebut, ditemukan bahwa terdapat potensi dari makroalga selada laut (Ulva Lactuca L.) sebagai obat herbal dalam terapi acne vulgaris. Ekstrak etanol selada laut (Ulva Lactuca L.) memiliki daya hambat pertumbuhan bakteri S. aureus pada grade kuat dengan rata-rata diameter zona hambat sebesar 22 ± 0,577 mm. Kandungan flavonoid pada selada laut juga dapat berperan sebagai anti-inflamasi maupun antioksidan.

Baca Juga :  Tinjau Plan Sicerdas PAUD Denbar, Antari Jaya Negara Harapkan Sinergi Semua Pihak Sukseskan Transisi PAUD-SD Yang Menyenangkan

Meskipun memiliki efek yang sangat potensial, sayangnya selada laut masih kurang dimanfaatkan. Oleh karena itu, dengan hasil kajian ini diharapkan pemanfaatan selada laut dapat dimaksimalkan sebagai modalitas terapi baru pada Acne Vulgaris.

Delegasi FK Unud yang beranggotakan Kadek Yuma Kusuma Dewi dan Luh Putu Widya Amritha Dewi dari Program Studi Pendidikan Dokter angkatan 2020 ini mengikuti cabang kompetisi Esai Ilmiah yang dilaksanakan pada Sabtu (4/3/2023) di gedung FK Unand. Pengumuman para juara dilaksanakan pada Minggu (5/3/2023) di Ruang Pertemuan Hotel Kyriad Bumiminang.

Baca Juga :  Kuliah Kerja Nyata Literasi dan Inklusi Keuangan (KKN LIK), Kolaborasi OJK dan Civitas Academica Tingkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan

Padang.

Expo & Seminar Ilmiah Tahunan (EXIT) merupakan ajang ilmiah tahunan yang diselenggarakan oleh MRC BEM-KM Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Berbagai cabang kompetisi dilombakan dalam EXIT 2023 mencakup esai ilmiah, poster publik, video edukasi, dan Literature Review. Peserta-peserta lomba kancah nasional ini tersebar dari berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News