Bimtek Penguatan Kapasitas
Bunda PAUD Tingkat Kecamatan dan Desa/Kelurahan Se-Kota Denpasar, Ikuti Bimtek Penguatan Kapasitas. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi lebih dari 40 Bunda PAUD tingkat Kecamatan dan Desa/Kelurahan se-Kota Denpasar, pada Senin (27/3/2023).

Kegiatan ini diprakarsai untuk mendorong penguatan kapasitas dan kualitas Bunda PAUD dalam rangka mengadvokasi tentang pentingnya PAUD sebagai pondasi dasar pendidikan bagi anak.

Diadakan di Aula SPNF SKB Kota Denpasar, Tembau, hadir dalam kesempatan itu Bunda PAUD Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara didampingi Kabid Pembinaan PAUD dan PNF Disdikpora, Ni Made Sugiantini.

Bunda PAUD Kota Denpasar, Ny. Antari Jaya Negara mengatakan, Bunda PAUD memegang peran strategis untuk menggerakan komponen sumber daya dalam penyelenggaraan pendidikan PAUD di masyarakat.

Baca Juga :  Penampilan Scared of Bums dan Navicula Puncaki Gelaran D'Youth Fest 4.0, Sukses Hadirkan 21 Ribu Lebih Pengunjung

“Mengingat betapa pentingnya keberadaan Bunda PAUD, maka pelaksanaan Bimtek ini saya harapkan akan mampu mendongkrak kapasitas dan juga kompetensi para Bunda PAUD sebagai lokomotif penyelenggaraan lembaga pendidikan dasar untuk anak usia dini di wilayah masing-masing. Untuk itu, ikuti dan cermati dengan baik semua materi yang disampaikan dalam Bimtek ini,” kata Ny. Antari Jaya Negara.

Di tengah gempuran arus “kekinian”, Ny. Antari Jaya Negara mengharapkan, Bunda PAUD mampu memiliki peran dan komunikasi kuat untuk menggandeng semua elemen, baik pemangku kepentingan maupun masyarakat, agar terus dapat memberikan pendidikan dan pengawasan pada anak-anaknya.

Baca Juga :  Instruktur Safety Riding Astra Motor Bali Raih Prestasi di Kategori Sport Class

Kabid Pembinaan PAUD dan PNF Disdikpora, Ni Made Sugiantini menjelaskan, kegiatan Bimtek ini dalam pelaksanaannya diadakan  dalam 4 hari, yakni dua hari materi di dalam kelas dan dua hari lainnya kegiatan aktifitas di luar ruangan (outdoor activity).

“Pelaksanaan Bimtek Penguatan Kapasitas Bunda PAUD telah memasuki tahun kedua. Tahun 2023 ini para peserta yang ikut berjumlah 43 Bunda PAUD dari Desa/Kelurahan, 3 Bunda PAUD Kecamatan serta 4 Staf Bunda PAUD. Bimtek ini juga merupakan bentuk pendampingan pada Satuan PAUD untuk memenuhi unsur layanan holistik dan integratif,” katanya.

Baca Juga :  Berjualan di Atas Trotoar, Satpol PP Denpasar Tertibkan Pedagang Kaki Lima

Made Sugiantini juga menyebutkan, penyelenggaraan Bimtek ini adalah upaya yang ditempuh pihaknya untuk melakukan monitoring dan evaluasi hasil dari kegiatan yang ada pada program Kelompok Kerja (Pokja) Bunda PAUD Kabupaten/Kota.

“Selain pelaksanaan Bimtek, hari ini juga dirangkaikan dengan pengukuhan Bunda PAUD Kelurahan Pedungan dan Kelurahan Penatih. Mudah-mudahan dengan upaya ini, penyelenggaraan layanan PAUD berkualitas dapat terwujud,” tutupnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News