Wakil Bupati Bangli
Wakil Bupati Bangli Buka Mukerkab PMI Kabupaten Bangli Tahun 2023. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BANGLI – Wakil Bupati Bangli sekaligus Ketua PMI Kabupaten Bangli, I Wayan Diar membuka Mukerkab PMI Kabupaten Bangli di ruang Krisna Kantor Bupati Bangli, Jumat (10/2/2023). Dalam mukerkab tersebut juga dihadiri oleh Wakil Sekretaris PMI Provinsi Bali, DR. Made Wiriani, S.H., M.H. perwakilan anggota Forkopimda Kabupaten Bangli.

Panitia Musyawarah Kerja Kabupaten PMI Kabupaten Bangli tahun 2023, Made Mahindra Putra dalam laporannya menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan laporan kegiatan evaluasi pelaksanaan program kerja PMI Kabupaten Bangli tahun 2022 dan menguraikan perencanaan program kerja PMI Kabupaten Bangli tahun 2023. Mukerkab ini diikuti oleh PMI Kabupaten Bangli yang terdiri dari pengurus PMI Kabupaten Bangli, Pengurus PMI Kecamatan, Staf Markas dan UTD PMI Kabupaten Bangli dan Perwakilan relawan PMI Kabupaten Bangli serta perwakilan pengurus PMI Provinsi Bali.

Baca Juga :  Bupati Sedana Arta Buka Acara Duta GenRe Bangli 2024

Ketua Pengurus PMI Provinsi Bali yang diwakili oleh Wakil Sekreataris PMI Provinsi Bali, DR. Made Wiriani, S.H., M.H. dalam sambutannya mengatakan, Mukerkab merupakan wadah dari segenap komponen PMI di Kabupaten untuk dapat berkumpul dan secara bersama-sama melaksanakan penyempurnaan dan finalisasi program kerja PMI untuk di sahkan sebagai acuan bagi PMI Kabupaten Bangli dalam pelaksanaan program dan kegiatan selama periode 1 tahun berjalan.

“Kegiatan Mukerkab merupakan wadah untuk menghasilkan program kerja yang kami harapkan telah melalui proses pengkajian berdasarkan kebutuhan dan prioritas PMI Kabupaten Bangli sendiri, sehingga dapat dilaksanakan dengan fokus dan terarah baik untuk peningkatan pelayanan maupun peningkatan dan pengembangan kapasitas organisasi PMI di wilayah Kabupaten Bangli,” ucapnya.

Baca Juga :  Bupati Bangli Pimpin Rapat Persiapan Groundbreaking Bangli Sport Center Tahap I

Ditambahkannya, dalam mukerkab ini pihaknya juga menyampaikan, agar program yang disusun terdapat adanya sinergitas program antara PMI Provinsi dan PMI Kabupaten Bangli sehingga pelaksanaan program dapat dilaksanakan lebih efektif, efisien dan tepat sasaran serta sesuai dengan kebutuhan.

Wakil Bupati Bangli, I Wayan Diar dalam sambutannya mengatakan, sebagai sebuah organisasi kemasyarakatan yang besar dan diakui dunia, PMI Kabupaten Bangli telah dapat melaksanakan tugas pokoknya di bidang kemanusiaan melalui berbagai program kegiatan dari tingkat pusat hingga ke daerah sesuai dengan UU No. 1 Tahun 2018 tentang kepalangmerahan.

Salah satu tugas pokok PMI adalah membantu dalam penanganan musibah bencana di dalam daerah maupun luar daerah bahkan di luar negeri. Eksistensi PMI Kabupaten Bangli telah banyak membantu pemerintah dalam urusan kemanusiaan, terutama dalam hal pelayanan sosial kemanusiaan seperti pelayanan ambulance, penyediaan daerah untuk masyarakat rentan yang membutuhkan serta pembinaan generasi muda melalui palang merah remaja yang ada di sekolah-sekolah. Pihaknya juga menyampaikan, Mukerkab PMI Kabupaten Bangli tahun 2023 ini pihaknya memandang sangat strategis untuk mengevaluasi dan mempertanggungjawabkan program kegiatan 1 tahun yang lalu dan menyusun program kegiatan 1 tahun ke depan.

“Saya berharap di masa yang akan datang PMI selalu berupaya menjadi yang tercepat dan tepat sasaran di setiap kegiatan kemanusiaan terutama dalam penanganan bencana,” imbuhnya.(an/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News