rakor unud
Universitas Udayana Gelar Rapat Koordinasi Bidang Kerja Sama dan Humas. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Universitas Udayana (Unud) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) bidang Kerja Sama dan Kehumasan, bertempat di Golden Tulip Jineng Resort, Kuta Badung, Selasa (21/2/2023).

Selain dihadiri pejabat internal Unud, rakor di bawah koordinasi Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Informasi ini turut menghadirkan narasumber dari Universitas Negeri Surabaya yakni Prof. Dr. Sujarwanto, M.Pd., serta Kepala Humas dan Kearsipan Universitas Brawijaya Kotok Gurito, S.E.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Informasi, Prof. Dr. dr. I Putu Gede Adiatmika, M.Kes., menjelaskan, rakor tersebut bertujuan meningkatkan sinergi antar seluruh unit di lingkungan Unud dalam rangka memberi layanan bermutu bagi stakeholder.

“Target kerja sama ini tentu diharapkan mampu mendukung Unud bertransformasi ke Perguruan Tinggi Negeri Badan Humum (PTNBH). Caranya dengan meningkatkan indikator kinerja utama Unud,” ujarnya.

Baca Juga :  Camat Kuta Selatan Raih Peringkat Pertama Penghargaan Wiloka Legal Culture dari Kemenkumham RI

Ia juga menyampikan, Rektor Unud sudah memberi arahan agar kerja sama yang dibangun Unud berupa Memorandum of Understanding (MoU) bisa diminimalisir, namun yang terpenting adalah bagaimana actionnya.

“MoU tidak perlu banyak-banyak, yang terpenting cabang dan rantingnya yang banyak,” imbuhnya.

Menurut Prof. Adiatmika, sebuah kerja sama yang dibangun memiliki dua target, yakni secara akademis dan praktis. Secara akademis, kerja sama diharapkan menggenjot kualitas Tri Dharma Perguruan Tinggi. Sedangkan dari sisi praktis, kerja sama mampu melahirkan pemasukan-pemasukan bagi Unud untuk mendukung operasional. Misalnya dengan memberdayakan aset tidak bergerak yang dimiliki kampus negeri terbesar di Bali itu.

Sebab, setelah PTNBH, Unud diberikan keleluasaan mengelola aset. Terkait kerja sama luar negeri tahun 2022 lalu Unud telah bekerja sama dengan 180 instansi, baik perguruan tinggi maupun organisasi. Implementasi yang telah dilakukan meliputi pertukaran dosen dan mahasiswa, penelitian dan pengabdian.

Baca Juga :  Duta Kabupaten Badung Tampilkan Kisah Gugurnya I Gusti Ngurah Rai di Pembukaan Pesta Kesenian Bali ke-46

Untuk mengirim mahasiswa ke luar negeri, Unud mengalam kendala biaya, sehingga pihaknya memanfaatkan peluang beasiswa dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi lewat Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dan Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA).

Unud telah mengirimkan sejumlah mahasiswanya untuk berkuliah langsung ke berbagai belahan negara. Bagi mahasiswa yang tidak berangkat namun mengikuti program pertukaran, bisa kuliah secara daring, namun kreditnya tetap diakui. Rektor membuka lebar peluang bagi setiap fakultas di Unud untuk menyasar kerja sama nyata ke luar negeri, dimana dukungan tersebutkan dibuktikan melalui pos anggaran.

Baca Juga :  ACK Fried Chicken Luncurkan Program ACK Kids dan Gelar Lomba Menggambar di Kota Denpasar

Tentunya diharapkan semakin banyak mahasiswa asing dan dari luar daerah yang berkuliah di Unud, demikian juga dukungan dari kementerian, pemerintah daerah, serta stakeholder lainnya.

Sementara itu, terkait publikasi tentang program dan capaian Unud, dari tingkat program studi, fakultas, rektorat dan semua unit, Unud telah menggandeng media-media mainstream di Bali. Bahkan, melalui tim Juru Bicara Rektor, Unud juga membagikan berbagai kegiatan di platform media sosial.

“Dengan Kehadiran narasumber dari Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Surabaya tersebut tentu kami berharap dapat memberi masukan positif bagi Universitas Udayana ke depan,” tegas Prof. Adiatmika. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News