ft unud
Targetkan Pemasangan Panel Surya Penyedia Energi Baterai Bagi Kendaraan Listrik, PT Awina Sinergi International Kunjungi FT Unud. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Fakultas Teknik Universitas Udayana menerima kunjungan dari PT. Awina Sinergi International pada Rabu (22/2/2023) yang bertempat di Ruang Sidang Dekan Fakultas Teknik Universitas Udayana.

Kunjungan pihak PT. Awina Sinergi International kali ini membahas tentang pemasangan teknologi panel surya dan sistem sebagai penyedia energi baterai kendaraan listik.

Diketahui bahwa PT. Awina Sinergi International baru pertama kali bekerja sama dengan pihak dari Indonesia, secara terkhusus Universitas Udayana mendapatkan kesempatan kerjasama tersebut.

Dipilihnya Universitas Udayana untuk bekerja sama dikarenakan Indonesia memiliki sumber resource yang besar, yang mana Indonesia juga memiliki misi net zero emmision 2050.

Baca Juga :  MARKAS Bali Sukses Gelar Sekolah Beta Intensif Batch 1, Luluskan 72 Talenta Digital Muda

”Karena intensitas cahaya yang berada di Bali lebih tinggi daripada yang ada di wilayah lain seperti Jakarta, sehingga PT. Awina Sinergi International sangat ingin mengadakan research di Bali terutama di Universitas Udayana,” tambah Prof. I Nyoman Suprapta Winaya, ST., Ma.Sc., Ph.D., ketika diwawancarai.

Secara rinci pihak PT. Awina Sinergi International menjelaskan kerja sama ini dilatarbelakangi oleh keberadaan Indonesia  di garis khatulistiwa, sehingga radiasi yang dihasilkan lebih panjang dari negara subtropis.

Pihak PT. Awina Sinergi International yakin dengan menggunakan tracking mounting dari barat ke timur akan mengumpulkan lebih banyak energi dibandingkan energi matahari. Jadi, sistem teknologi yang dirancang dapat bergerak dari timur ke barat untuk mengumpulkan lebih banyak tenaga surya.

Kerjasama antara pihak PT. Awina Sinergi International dengan Universitas Udayana telah terjalin sejak bulan Januari 2023. Berfokus pada pengujian sistem dan menentukan sistem yang tepat untuk independen power supply dari charging station, dengan harapan dapat menghasilkan output berupa pemasangan teknologi baru sebagai penyedia sumber energi untuk baterai charging bagi kendaraan listrik dengan memanfaatkan independen power.

Kunjungan sekaligus kerjasama dengan ini merupakan PT. Awina Sinergi International kerjasama yang sangat penting dan diharapkan dapat meningkatkan mutu dari Universitas Udayana. Selain itu, dari pihak PT. Awina Sinergi International juga berharap dapat mengembangkan lebih banyak peluang kolaborasi dengan Indonesia dan Universitas Udayana. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News