Unud
Selenggarakan Wisuda Pertama di Tahun 2023, Universitas Udayana Lepas 1.221 Wisudawan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JIMBARAN – Universitas Udayana (Unud) menggelar Upacara Wisuda ke-152 pada Sabtu (25/2/2023) yang berlangsung di Gedung Widya Sabha, Kampus Unud Bukit Jimbaran.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unud, Prof. Dr. Ir. I Gede Rai Maya Temaja, MP.,IPU dalam laporannya menyampaikan, Jumlah wisudawan yang dilepas pada wisuda kali ini berjumlah 1.221 orang.

Sampai dengan wisuda ke 152 ini jumlah alumni Unud meningkat menjadi  114.425 orang. Dari 1.221 orang wisudawan tersebut, 756 orang dari program Sarjana, 191 orang dari program Profesi, 63 orang dari program Spesialis, 173 orang dari program Magister dan 38 orang dari program Doktor. Wisudawan kali ini didominasi oleh laki-laki yang berjumlah 656 orang, sedangkan wisudawan perempuan berjumlah 565 orang. Pada periode wisuda ke-152 ini, 116 wisudawan merupakan penerima beasiswa yang berasal dari 24 penyedia beasiswa.

“Melalui pendidikan yang telah ditempuh, saudara tidak hanya menguasai ilmu pengetahuan tetapi juga berkehidupan yang cerdas dengan mengedepankan kepribadian yang baik dalam bekerja dan bermasyarakat, selalu memiliki dedikasi, inovasi dan kolaborasi dalam bekerja. Hal tersebut merupakan kunci kesuksesan dalam kehidupan saudara,“ ujar Prof. Rai.

Baca Juga :  Dies Natalis Ke-46 Politeknik Pariwisata Bali, Ajak Semua Civitas Perkuat Kebersamaan

Sementara itu, dalam wawancara dengan Rektor Unud, Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gede Antara, M.Eng., IPU mengatakan bahwa sebanyak 1.221 orang yang di wisuda hari ini berasal dari berbagai jurusan di Unud.

“Wisudawan tersebut berasal dari 13 fakultas dan satu program pascasarjana. Terhitung kami telah meluluskan 114 ribu wisudawan yang tersebar di seluruh Tanah Air maupun diluar Negeri,” ungkapnya.

Rektor berharap setiap lulusan dapat memberikan dampak baik bagi masyarakat.

“Harapan kami, hadirnya wisudawan ditengah-tengah masyarakat, akan memberikan dampak kepada masyarakat, baik dibidang ekonomi, sosial budaya terutama dari segi pembangunan bangsa dan negara,” ucapnya.

Baca Juga :  Sekda Dewa Indra Tekankan Satpol PP Perlu Melakukan Pendekatan Humanis dalam Menegakkan Peraturan

Tak hanya itu, Rektor juga mengungkapkan kebanggaanya untuk dapat berkontribusi dalam hal pembangunan negara, ditambah  lagi pada upacara wisuda ke 152 kali ini terjadi peningkatan jumlah wisudawan dibandingkan periode sebelumnya.

“Data kami menunjukan bahwa tingkat kelulusan tepat waktu di setiap periode persentasenya meningkat. Itu artinya, proses akademik di Universitas Udayana dari mahasiswa memiliki kelulusan yang tepat sesuai dengan yang direncanakan. Ini akan kami tetap tingkatkan, sehingga hal ini dapat menjadi indikator kami, bahwa proses manajemen akademik di Universitas Udayana semakin membaik,” papar Prof. Antara. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News