Stunting
Rai Wahyuni Sanjaya Berikan PMT dan APE pada TK Negeri Pembina dan TK Pertiwi. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Tekankan pentingnya pendidikan usia dini di Tabanan sekaligus dalam upaya sosialisasi pencegahan stunting, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya, S.H., M.M., selaku Bunda Paud Kabupaten Tabanan berkomitmen untuk terus memberikan dukungan melalui beragam program dan kegiatan. Dalam hal ini Pemberian Makanan Tambahan (PMT) dan penyerahan Alat Permainan Edukatif (APE) kepada TK Negeri Pembina dan TK Negeri Pertiwi, Kamis (9/2/2023).

Kedatangan Ny. Rai Sanjaya didampingi oleh Kadis Pendidikan Kabupaten Tabanan, Sekretaris Camat, Bunda Paud Kecamatan Tabanan, Para Pendidik dan Tenaga Kependidikan TK Negeri Pembina dan TK Negeri Pertiwi serta riuh dan semangat anak-anak TK yang turut menyambut saat itu.

Pentingnya penurunan angka stunting terhadap anak-anak di Tabanan sekaligus menitikberatkan pendidikan anak usia dini, Bunda Paud Tabanan menghimbau kepada para orang tua dan para tenaga pendidik agar dalam memberikan layanan kesehatan gizi, juga terus memberikan asupan gizi yang seimbang untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak.

Oleh karena itu, dengan memberikan PMT, diharapkan mampu mencukupi kebutuhan gizi agar tercapainya status gizi dan kondisi gizi yang sesuai dengan umur anak sekaligus sebagai salah satu upaya pencegahan stunting.

Baca Juga :  Mantapkan Pembangunan ZI, Lapas Tabanan Terima Penguatan Irwil IV Itjen Kemenkumham

 Ny. Rai Sanjaya senantiasa berkomitmen untuk dapat mengoptimalkan dan meningkatkan kualitas dan kapasitas anak-anak usia dini, melalui kepedulian dan pemberdayaan kapasitas terhadap anak-anak dengan dukungan semua pihak untuk melakukan upaya penguatan pembelajaran. Dengan difasilitasi oleh Pemerintah Kabupaten Tabanan, saat itu Bunda Paud memberikan PMT kepada 79 siswa Paud di TK Negeri Pertiwi Kecamatan Tabanan dan kepada 79 siswa Paud TK Negeri Pembina.

“Kedatangan bunda hari ini, untuk memberikan bantuan makanan tambahan yang tentunya makanan sehat, juga memberikan bantuan permainan untuk menambah koleksi agar anak-anak kita semakin kreatif dengan permainan yang beragam, juga bisa menambah kecerdasan dan kreatifitas, sehingga anak-anak kita tumbuh menjadi semakin baik dan bermutu,” paparnya.

Pihaknya juga sekaligus menekankan kepada para orang tua untuk tetap memperhatikan gizi anak terutama kepada calon orang tua untuk terus mengikuti pelatihan dalam menjaga kesehatan terutama kesehatan reproduksi.

“Pencegahan stunting dimulai dari pasangan itu akan menikah/pranikah, nanti ada pelatihan-pelatihan bagaimana untuk menjaga kesehatan reproduksi, bisa juga melalui pola asuh agar ibu-ibu, orang tua, tetap memperhatikan gizi anaknya di rumah,” lanjutnya.

Adapun pemberian PMT yaitu berupa susu, jasuke, biskuit, telur dan buah yang rencananya akan dilaksanakan di seluruh kecamatan di Kabupaten Tabanan dan diperuntukkan kepada siswa-siswi TK dan Paud se-Kabupaten Tabanan dengan jumlah bantuan sebesar 1.000 paket.

Bunda Paud Tabanan juga menyerahkan bantuan APE luar yaitu tangga tali, perosotan dan sudut budaya. hal tersebut tentunya sebagai bentuk dukungan dalam menunjang tumbuh kembang anak yakni bermain sambil belajar yang sistematis dan juga mendukung kualitas proses belajar mengajar di dalam dan di luar kelas.

Selain sosialisasi terkait edukasi pencegahan stunting dan pentingnya orang tua untuk terus memperhatikan pertumbuhan gizi anak dengan pemberian makanan sehat, Ny. Rai Sanjaya juga berpesan kepada para tenaga pendidik, untuk terus mengedukasi dan memberikan contoh akan pentingnya pendidikan kebersihan dan budaya hidup sehat pada anak usia dini dan tentunya pembelajaran disiplin terutama dalam disiplin waktu.

Baca Juga :  Bupati Sanjaya Duduk Lesehan, Nobar Timnas Bersama Ribuan Warga Tabanan

I Gusti Putu Ngurah Darma Utama, selaku Kepala Dinas Pendidikan, saat itu juga mengungkapkan ucapan terima kasihnya, terutama kepada Pemerintah Kabupaten Tabanan dan Bunda Paud Tabanan yang dalam masa pemerintahan Tabanan Era Baru ini memberikan perhatian yang luar biasa pada pendidikan di jenjang TK dan Paud.

“Terima kasih atas kehadiran Bunda Paud Kabupaten Tabanan yang terus memberikan perhatian, pemikiran dan bantuan dalam segala bentuk program dan kegiatan, untuk penguatan pendidikan di jenjang TK dan Paud,” ungkapnya.

Pihaknya juga berharap dengan bantuan ini bisa memberikan manfaat nyata dan mendukung kreatifitas anak-anak usia dini.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News