bipas unud
Program BIPAS FIB Unud Gelar Orientation Day BIPAS Spring Semester 2023. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Program BIPAS Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana (FIB Unud) menyelenggarakan ‘Opening Ceremony and Orientation Day Bali International Program on Asian Studies (BIPAS) Spring Semester 2023’ bertempat di Widya Sabha Mandala Prof. Dr. Ida Bagus Mantra FIB Unud Kampus Nias Denpasar, Kamis (9/2/2023).

Koordinator Program BIPAS Anak Agung Sagung Shanti Sari Dewi, SS.,M.Hum dalam laporannya menyampaikan pada semester sebelumnya pelaksanaan program BIPAS dengan sistem hybrid dalam yaitu gabungan antara online dan offline, pada semester ini pelaksanaan program berlangsung secara offline yang berpusat di kampus Jimbaran.

“Spring Semester 2023ini diikuti oleh 58 mahasiswa yang berasal dari Jerman, Finlandia, Prancis, Meksiko, Moldova, Belanda dan Swedia,”ungkap Sagung.

Semester ini, BIPAS menawarkan 14 mata pelajaran di berbagai bidang studi. Tujuan dilaksanakannya orientasi bagi mahasiswa asing ini dalam rangka memberikan informasi akademik agar mahasiswa memili pengetahuan tentang Indonesia, khususnya Bali, Universitas Udayana, dan Program BIPAS.

Baca Juga :  Astra Motor Bali Berikan Surprise Paket Lebaran dan Service Gratis Kepada Konsumen setia Honda 

Melalui kesempatan tersebut Koordinator BIPAS menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Pimpinan Universitas, Fakultas, Kantor Urusan Internasional, mitra Asia Exchange, Dosen dan semua pihak atas dukungan dalam pelaksanaan program BIPAS yang dilaksanakan oleh Fakultas Ilmu Budaya.

Hannes Borgwardt selaku Chief Representative Officer of Asia Broad, Asia Exhange  dalam sambutannya menyampaikan kerjasama dengan Universitas Udayana sudah terjalin sejak 15 tahun terakhir yakni dari tahun 2008. Hari ini pihaknya sangat senang menyambut para mahasiswa yang akan mengikuti perkuliahan secara langsung di Kampus Unud. Hingga saat ini Asia Exchange telah mengirimkan 2700 mahasiswa mengikuti program BIPAS di Universitas Udayana.

“Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Unud atas kemitraan ini dan juga mahasiswa yang telah memilih belajar di Universitas Udayana melalui Asia Exchange,” ucapnya.

Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Budaya I Nyoman Aryawibawa, Ph.D dalam sambutannya mewakili Dekan menyampaikan sekilas mengenai Fakultas Ilmu Budaya yang sudah berusia lebih dari 64 tahun dan saat ini memiliki 8 program Sarjana  dan 4 program Sascasarjana. BIPAS, merupakan salah satu program internasional di Universitas Udayana yang dikelola oleh Fakultas Ilmu Budaya. Tentunya Tim BIPAS dan Asia Exchange berdedikasi untuk memandu para mahasiswa mengikuti pendidikan di program ini.

“Tidak hanya BIPAS, perwakilan Asia Exchange dan para dosen, akan tetapi seluruh civitas universitas akan mendukung mahasiswa internasional yang berkomitmen untuk belajar di Universitas Udayana,” terang Aryawibawa.

Sementara Wakil Rektor Prof. I Gede Rai Maya Temaja yang dalam hal ini mewakili Rektor membuka Orientation Day BIPAS Spring Semester 2023. Dalam  sambutannya menyampaikan Universitas Udayana sangat senang memiliki program internasional seperti BIPAS yang telah membuka kesempatan bagi mahasiswa internasional untuk merasakan atmosfir akademik di Universitas Udayana, khususnya di bidang pariwisata, ekonomi dan bisnis, hukum, kewirausahaan, komunikasi, sosiologi, dan budaya.

Baca Juga :  Memimpin Langkah Menuju Kemajuan Bersama, Program KKN Mahasiswa Unmas Denpasar Kolaborasi dengan Warga di Desa Singapadu

“BIPAS telah menjadi salah satu program studi internasional terfavorit yang menampilkan dosen dengan latar belakang internasional yang beragam dengan kualitas yang tidak diragukan lagi di bidangnya,” jelas Prof. Rai.

Melalui kesempatan tersebut, ditekankan bahwa Universitas Udayana berkomitmen untuk memberikan pembelajaran dan layanan berkualitas terbaik kepada mahasiswa asing, dan berharap studi di BIPAS akan menjadi produktif, tak terlupakan dan sukses. Wakil Rektor juga mengucapkan terima kasih kepada Asia Exchange atas kerjasama yang dijalin selama 15 tahun terakhir dan diharapkan kerjasama kedua belah pihak akan semakin lebih kuat. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News