Sampah

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara menerima Kepala Otoritas Jasa Keuangan Regional 8 Bali Nusra, Giri Tribroto membahas mengenai cara mengatasi permasalahan sampah dari hulu. Pembahasan dilakukan di Ruang Wali Kota Denpasar, Senin (13/2/2023).

IGN Jaya Negara menyampaikan permasalahan sampah di Denpasar, salah satunya melalui pengolahan sampah berbasis sumber. Untuk mewujudkan hal tersebut, kesadaran masyarakat sangat dibutuhkan untuk melakukan pemilahan sampah dari rumah.

“Kesadaran masyarakat untuk melakukan pemilahan sampah harus diberikan motivasi. Salah satunya dengan memberikan pemahaman bahwa sampah memiliki value atau nilai ekonomi dengan menukarkannya ke bank sampah,” ujar Jaya Negara.

Lebih lanjut disampaikan, Untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, Pemkot Denpasar akan menggandeng OJK untuk kegiatan nabung sampah atau nabung emas melalui pegadaian. Hasil sampah yang ditukarkan dapat menjadi tabungan atau emas. Program ini akan membantu pengolahan sampah di TPS3R dan 3 TPST yang dimiliki Kota Denpasar.

Baca Juga :  OJK Provinsi Bali Dorong Peningkatan Akses Pembiayaan Sektor Pertanian dan Pengembangan UMKM

Sementara itu, Giri Tribroto menyampaikan permasalahan sampah memang harus di atasi dari hulu untuk mengurangi beban pengolahan di hilir atau TPA.

“Dengan adanya program nabung sampah atau nabung emas kesadaran masyarakat akan nilai dari sampah akan meningkat, sehingga volume sampah di TPA akan menurun,” ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan, kerjasama ini akan memberikan dampak baik kepada masyarakat terutama dalam pelestarian lingkungan dan inklusi keuangan.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News