Lomba Bulan Bahasa Bali
Meriahkan Bulan Bahasa Bali V Tahun 2023, Desa Dangin Puri Kangin Gelar Berbagai Lomba. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Sebagai wujud partisipasi sekaligus memeriahkan Bulan Bahasa Bali V Tahun 2023, Desa Dangin Puri Kangin menggelar berbagai lomba yang digelar di Wantilan Pura Swagina Taman Sari pada Sabtu (4/2/2023). Lomba ini diikuti oleh warga yang berasal dari tujuh Banjar se-Desa Dangin Puri Kangin.

Adapun yang dilombakan dalam kesempatan kali ini adalah Lomba Nyurat Aksara bali, Ngewacen Aksara Bali, Nyurat Aksara Bali Ring Lontar, Mesatua Bali serta Mepidarta Bahasa Bali.

Bulan Bahasa Bali V Tahun 2023 kali ini mengangkat tema “Segara Kerthi Campuhan Urip Sarwa Prani” yang dapat dimaknai pemuliaan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali untuk melestarikan laut (segara), sebagai awal dan akhir dari kehidupan. Pelaksanaan kegiatan Bulan Bahasa Bali sendiri merupakan wujud komitmen Pemerintah Provinsi Bali serta Pemerintah Kota Denpasar dalam rangka melestarikan adat, seni, agama, tradisi dan budaya di tengah kemajuan zaman.

Perbekel Dangin Puri Kangin, I Wayan Sulatra saat dikonfirmasi mengatakan, bagi pemenang juara satu lomba dalam kesempatan kali ini nantinya akan diberikan pembinaan untuk mewakili Desa di tingkat kota.

Baca Juga :  Bank Indonesia Gelar Bali Jagadhita ke-V: Dorong Trade, Tourism, and Investment

“Bagi peserta lomba akan dinilai oleh tim juri untuk dipilih tiga terbaik dari masing-masing yang dilombakan, bagi juara satu sampai tiga akan diberikan piala serta sertifikat dan bagi yang mendapatkan juara satu akan tetap kami bina untuk mewakili desa tingkat kota,” ujarnya.

Sulatra menambahkan, dengan dilaksanakan Bulan Bahasa Bali V kali ini pihaknya berharap dapat memberikan ruang, khususnya pada generasi muda untuk memahami sekaligus melestarikan Aksara Bali dan Bahasa Bali di tengah kemajuan zaman seperti saat ini.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News