pascasarjana unud
Pascasarjana Unud Perkuat Internasionalisasi. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Bulan Februari menghadirkan kabar gembira untuk mahasiswa dan calon mahasiswa Program Doktor Ilmu Lingkungan Pascasarjana Unud, dengan disetujuinya evaluasi kurikulum untuk kepentingan transfer kredit oleh Dewan Senat Chiba University, di Tokyo Jepang.

Persetujuan tersebut menandai terbukanya kesempatan bagi mahasiswa Program Doktor Ilmu Lingkungan Unud untuk meraih Double Degree di Chiba University.

Realisasi internasionalisasi tersebut diraih berkat perjuangan Koordinator Program Studi S3 Ilmu Lingkungan, Prof. I Wayan Arthana, Ph.D., bersama tim yang sembari melaksanakan kewajiban kerja sama luar negeri dengan Yamaguchi University, menyempatkan diri mengunjungi Chiba University pada bulan September 2022 yang lalu.

Pada kesempatan tersebut, rombongan Pascasarjana Unud diterima oleh Prof. Josaphat ‘Josh’ Tetuko Sri Sumantyo, Ph.D., yang juga adalah ahli radar dan satelit ternama di dunia asal Indonesia. Prof. Josh, begitu beliau biasa disapa, memegang peranan penting dalam membina kerja sama dengan Chiba University.

Baca Juga :  Tekan Laju Inflasi di Kota Denpasar, Wawali Arya Wibawa Tinjau Bazzar Pangan di Wantilan Pura Dalem Sudha Sidakarya

“Bahwa kerja sama Double Degree ini sebenarnya telah dirancang sejak lama, namun baru kali ini dapat terealisasi,” ucapnya.

Unud dalam hal ini patut bangga, karena Double Degree sejenis dengan Chiba University hanya diselenggarakan dengan 3 perguruan tinggi terkemuka lain di Indonesia: Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Hasanuddin (Unhas), dan Institut Teknologi Bandung (ITB). Terlebih lagi karena sampai saat ini yang berhasil merealisasikan baru Unud dan ITB.

Kesempatan yang terbuka ditindaklanjuti pihak Pascasarjana Unud dengan mengirim dua kandidat Ph.D yang sudah setahun menempuh riset di Prodi S3 Ilmu lingkungan Pascasarjana Unud. Keduanya, yang mendalami bidang environmental remote sensing, berangkat dengan berbekal data awal penelitian di Indonesia untuk diolah dan disempurnakan di Chiba University.

Selanjutnya, kedua orang kandidat doktor dari Unud tersebut telah menempuh ujian pada tanggal 2 Februasi 2023, dengan kabar sementara bahwa salah satu kandidat dinyatakan lulus dalam ujian tersebut, dan secara resmi akan diumumkan pada tanggal 17 Februari 2023. Calon mahasiswa yang lulus akan memulai enrolment pada bulan April 2023 di Chiba University.

Kedepannya, kesempatan yang sama dapat dimanfaatkan tiap tahunnya oleh setiap mahasiswa Program Doktor Ilmu Lingkungan Pascasarjana Universitas Udayana. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News