DTIK Festival 2023
Maknai HUT Ke-235 dengan Spirit Vasudhaiva Kutumbhakam, DTIK Festival 2023 Gandeng Beragam Komunitas. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Sempat vakum selama 2 tahun akibat pandemi Covid-19, Denpasar Teknologi Informasi Komunikasi Festival (DTIK Fest) hadir kembali di Tahun 2023 ini.

“Meski dengan beberapa keterbatasan, DTIK Fest 2023 hadir berlandaskan spirit Vasudhaiva Kutumbhakam, semangat menyama braya dan berkolaborasi, agar tetap dapat menampilkan event transformasi digital kebanggaan Kota Denpasar ini secara baik kepada masyarakat,” jelas Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Denpasar, Dr. I.B. Alit Adhi Merta, S.STP., M.Si., didampingi Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Publik (Kabid PIP), I Ketut Agus Indra Diatmika, S.Kom., kepada media pada Senin (20/2/2023).

DTIK Festival 2023 yang menyuguhkan Pameran Inovasi Teknologi, Workshop dan Seminar, Beragam Lomba dan Hiburan serta tak ketinggalan Pameran UMKM dan Kuliner Foodtruck ini digelar 27 Februari – 1 Maret 2023 di Gedung Dharma Negara Alaya (DNA), Graha Sewaka Dharma (GSD) dan Taman Kota Lumintang.

Festival kali ini yang bertajuk ‘Growth Digital Creativity and Collaboration’ diharapkan dapat menumbuhkan kreativitas dan kolaborasi dalam pengembangan teknologi digital di Kota Denpasar.

Baca Juga :  Wawali Arya Wibawa Buka BRI REI Expo Bali

Beragam komunitas terlibat dalam kegiatan yang dihelat untuk memeriahkan HUT ke-235 Kota Denpasar ini. Antara lain : kalangan kampus IT, komunitas start up, komunitas pegiat literasi media dan anti hoax, komunitas media siber, komunitas gamers, komunitas foodtruck, UMKM serta komunitas yang terkait transformasi digital lainnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Denpasar, Dr. I Dewa Made Agung, SE., M.Si., menambahkan, bahwa pihaknya menggelar Pameran UMKM di Areal Taman Kota Lumintang.

“Untuk menambah semarak HUT ke-235 Kota Denpasar serta pelaksanaan DTIK Festival 2023 kami menghadirkan 70 lebih stand UMKM selama pelaksanaan event transformasi digital Kota Denpasar ini,” jelas Kadis Dewa Agung.

Pihaknya menggandeng OPD terkait untuk menghadirkan beragam UMKM dari komunitas fashion, produk pangan, kerajinan tangan, tanaman serta beragam jenis produk lainnya.

“Harapannya, pameran UMKM ini akan dapat menambah semaraknya pelaksanaan DTIK Fest 2023 yang dihelat untuk memeriahkan Peringatan HUT ke-235 Kota Denpasar,” ujarnya lagi.

Lebih jauh Kabid Agus Indra menambahkan, bahwa berbagai inovasi layanan publik Pemerintah Kota Denpasar akan dipamerkan di lantai 1 Graha Sewaka Dharma sedangkan perkembangan inovasi terkini dari kampus dan praktisi akan disajikan di Ruang Pamer DNA.

“Sebanyak 40 workshop dan seminar transformasi digital dengan tema-tema yang menarik dan kekinian juga digelar secara paralel di beberapa ruangan di Dharma Negara Alaya (DNA) dan Graha Sewaka Dharma (GSD),” jelas Agus Indra lagi.

Baca Juga :  Fokus Pada Keamanan Wilayah, Banjar Tegalkuwalon Gelar Pendataan Duktang

Pihaknya berharap masyarakat, termasuk pelajar dari SD hingga mahasiswa serta pemuda dan ibu rumah tangga dapat memanfaatkan beragam workshop dan seminar yang digelar gratis ini untuk meningkatkan pengetahuan dan kompetensi digital masyarakat. Termasuk mencoba dan memanfaatkan beragam inovasi yang dipamerkan oleh Pemerintah Kota Denpasar beseta kalangan kampus dan praktisi tersebut.

“Karena DTIK Festival 2023 merupakan event teknologi digital untuk memunculkan dan mengembangkan ide-ide kreatif serta melakukan kolaborasi antar stakeholder guna memberikan gambaran perkembangan transformasi digital di Kota Denpasar,” jelas pria murah senyum ini.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News