SPORTEL
Konferensi Tingkat Tinggi SPORTEL Rendez-vous Bali, Tren Masa Depan Media Olahraga dan Penyiaran di Asia. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, NUSA DUA – Sebentar lagi, rangkaian seri Masterclass dan presentasi akan berlangsung di pasar internasional SPORTEL Rendez-vous Bali pada 23-24 Februari 2023. Acara ini akan membahas secara mendalam masa depan media olahraga dan industri teknologi, serta forum diskusi yang dipimpin oleh para eksekutif bisnis di bidang olahraga.

Dengan membawa berbagai pengalaman dari berbagai negara, SPORTEL menghadirkan pembicara dari Indonesia, Asia, Eropa, Amerika Utara dan berbagai negara lainnya.  Dengan begitu, selain berkesempatan meluaskan koneksi, peserta juga akan mendapatkan wawasan penting selama pameran berlangsung untuk mengevaluasi serta membantu para pebisnis membuat keputusan yang tepat untuk mengembangkan strategi bisnis mereka dalam melihat hal potensial lainnya yang menguntungkan.

Louis Ducruet, perwakilan resmi dari SPORTEL’s Honorary President yang merupakan keponakan dari H.S.H. Pangeran Albert II; Laurent Puons, CEO dari SPORTEL; serta President Director of Transvision, Peter F. Gontha turut hadir dalam acara ini dan akan secara resmi membuka acara SPORTEL Rendez-vous Bali bersama di hari pertama yaitu tanggal 23 Februari 2023.

Sebuah panel diskusi dipersiapkan dengan berkolaborasi bersama Kevin McCullagh dari SportBusiness bertajuk ‘Asia the Big Picture’. Dalam diskusi ini akan menampilkan para pemimpin industri media olahraga Asia, seperti Sutanto Hartono dari EMTEK, Mitch Hong dari SPOTV, Andrew Rogers dari AFC, dan Tom Broom dari IMG. Seluruh partisipan tersebut akan saling berbagi pandangan mereka terhadap keadaan industri penyiaran olahraga saat ini, membahas tentang bagaimana mereka dapat sampai pada puncak kejayaan mereka, serta pandangan arah bisnis penyiaran olahraga pada tahun 2023 dan seterusnya.

“Panel diskusi Asia the Big Picture ini akan menjadi peluang luar biasa untuk AFC dalam membagi pandangannya dan berdiskusi dengan rekan-rekan industri serupa mengenai tren dan tantangan yang akan mempengaruhi masa depan bisnis olahraga di APAC dan lainnya,” ujar Andrew Rogers, Direktur, Komersial, Konfederasi Sepak Bola Asia.

Panel diskusi menarik lainnya yang menjadi perhatian dengan mengangkat tajuk Asian Audiences Embracing International Football Properties’. Dalam panel ini akan fokus pada topik tentang bagaimana properti   Eropa   dan   global telah membangun merek mereka di kawasan Asia, semisal dengan memperluas jejak digital dan bekerja sama dengan penyiar untuk meningkatkan pengalaman dari penggemar, sembari melakukan adaptasi untuk menghadapi jadwal live sports yang terkadang berubah. Adapun bintang utama pada panel diskusi ini meliputi, Paul Carder dari FIFA, Anna Guarnerio dari Serie A, Peer Naubert dari Bundesliga International, Henri Kamerling dari Pitch International, yang akan dipandu oleh Imran Yusuf dari SportBusiness.

Baca Juga :  Sekda Alit Wiradana Buka Pelatihan Tata Kelola, Bisnis dan Pemasaran Destinasi Pariwisata

Selain itu, dengan topik yang berbeda lainnya, Alex Arroyo dari Dorna Sports akan membahas tentang MotoGP dengan judul ‘Revving up the Motorsports Experience’. Ada juga Adam Howarth dari Fox Sports dan Dedi Suherman dari Telkom Indonesia yang akan membahas mengenai besarnya popularitas olahraga motor di berbagai wilayah.

Di samping itu, Alexandre Paugam dari Harmonic juga akan mempresentasikan studi kasus bersama dengan partner dari WRC Promotor dan Philipp Maenner, dengan judul ‘Accelerating Motorsports Global Reach with Rally.TV’.

Melihat berkembangnya olahraga wanita secara pesat dan pentingnya fokus serta inovasi, panel lainnya akan terfokus membahas terkait ‘Culture and Diversity are Shifting the Direction of Sports Media in Asia’ yang akan dibahas oleh para jajaran eksekutif seperti, Mark Chew dari Reddentes Sports & Redd+E, Dini Putri dari RCTI & MNC, Karen Lay dari Sportfive Asia, dan akan dimoderatori oleh Meghna Krishna dari Maginfi.

Asia, sebagai market E-Sports terbesar di dunia, yang dibuktikan dengan meningkatnya minat masyarakat dengan mobile e-sports serta melihat hal ini menjadi peluang besar bagi perusahaan savvy media yang benar-benar memahami ruang tersebut. Panel diskusi dengan tajuk ‘Masa Depan Esports di Asia’ akan dibawakan oleh Callum McCarthy dari SportBusiness dan akan mencakup beberapa organisasi besar di Asia seperti Roland Lam dari ESL Faceit, Martinus Manurung dari Moonton, dan Ren Kai Yip Reddentes Sports & Redd+E.

Baca Juga :  Pastikan Pasokan Listrik Cukup dan Aman, PLN Siap Sambut Idul Adha 2024

“Skema E-Sports di Asia dinilai mengalami peningkatan popularitas yang cukup meroket selama bertahun-tahun, terutama pada saat pandemi Covid-19. Kini, setelah pandemi selesai dan mulai banyak acara olahraga yang kembali, tentunya akan ada persaingan tambahan pada ranah E-Sports dan peluang apa yang bisa ditawarkan kepada market,” ujar Ren Kai Yip, Managing Director & Co-founder, Redd+E Pte Ltd.

Beralih ke ranah teknologi, WSC Sports Guy Port, akan membahas mengenai bagaimana mereka ‘Delivering Video Fan Experiences with AI’ dan bagaimana AI memegang peran penting dalam konten yang personal hingga realitas virtual pada panel diskusi SPORTEL Rendez-vous Bali ini. Tema teknologi berlanjut dengan melihat keadaan saat ini AI, NDI, Cloud, dan Automated Production’ serta diskusi mengenai hal-hal yang berkaitan lainnya. Diskusi tersebut akan dipimpin oleh Raj Sambwani dari GSIC serta Denny Darmo dari Snipitz, Meghna Krishna dari Magnifi, dan Sistem Ideal, Fintan McKiernan.

Ada lagi, panel diskusi ‘OTT Streaming & FAST Channels’ akan terfokus pada tren channel FAST TV dan bagaimana konten olahraga dapat membawa keuntungan pada pemilik konten olahraga dan para pemilik hak siar konten olahraga. Jajaran pakar yang akan berdiskusi akan terdiri dari Clarissa Tanoesoedibjo dari Vision+/MNC, François d’Azemar dari Origins Digital, Stephen Hodge dari OTTera, yang akan dimoderatori oleh Sandrine Durand dari SoFAST.

“SPORTEL Rendez-vous Bali akan menjadi peluang yang sangat baik bagi kami untuk saling berbagi pengalaman kepada komunitas olahraga tingkat internasional, berbagi mengenai peluang OTT dan ruang streaming di Indonesia, serta peran peran Vision+ MNC dalam pengembangan ekosistem media,” ujar Clarissa Tanoesoedibjo, Direktur Utama PT Jaringan OTT MNC (Vision+).

“Merupakan sebuah kebanggaan bagi saya dapat menjadi bagian dari panel diskusi yang dapat menggabungkan berbagai latar belakang, jenis kelamin, dan etnis. Sebuah hal yang sangat menarik untuk melihat bagaimana berbagai pengalaman dari berbagai pandangan dapat menawarkan wawasan, dorongan, dan mewakili keberagaman luar biasa yang ditawarkan dunia kepada kita,” ujar Stephen L. Hodge, Chairman & CEO, OTTera.

Baca Juga :  Sekda Adi Arnawa Lepas Kontingen Badung Untuk PORJAR Provinsi Bali 2024

Konsep baru dari program konferensi ini akan memperlihatkan pengenalan ‘Pitch Session’ yang menampilkan pendatang baru inovatif terpilih dalam SPORTEL dimana nantinya mereka akan mempresentasikan suara dan pendapatnya di depan para juri dan peserta.

Selain   acara   inti   tersebut,   hadir  juga  side  event  lainnya  yang  meramaikan rangkaian  SPORTEL Rendez-vous Bali. Pada tanggal 24 Februari 2023, akan ada turnamen e-sports PUBG (Player Unknown’s Battle Ground) dan MLBB (Mobile Legend: Bang Bang). Dalam turnamen ini nantinya akan ada 16 tim terpilih untuk bertanding dan memperebutkan gelar juara yang berhak mendapatkan hadiah hingga jutaan rupiah. Bagi tim yang ingin mendaftar, bisa registrasi di http://bit.ly/EEC23 dengan batas maksimal pendaftaran adalah di tanggal 22 Februari 2023.

Tidak hanya e-sports, sambil menikmati keindahan suasana di Bali dan memperluas networking dalam kesempatan ini, akan ada Golf Tournament pada tanggal 24 dan 25 Februari 2023 di New Kuta dan Bali National Golf. Louis Ducruet, perwakilan resmi kerajaan Monaco yang juga merupakan keponakan dari H.S.H. Prince Albert II, rencananya juga turut hadir dalam Golf Tournament ini. Adapun bagi pemenangnya nanti berkesempatan untuk membawa pulang hadiah menarik dengan total hadiah hingga Rp50 juta dan trophy.

Selama rangkaian acara di Grand Hyatt Nusa Dua, Bali ini, terdapat area Test Drive dari Wuling. Para peserta SPORTEL Rendez-vous Bali dapat mencoba langsung salah satu produk mobil listriknya yang banyak menarik perhatian, yaitu Wuling Air Ev.

Selain Wuling, acara ini terselenggara dengan sukses atas dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak seperti Telkomsel, Telkom Indonesia, Sidomuncul Natural dan Osteokom.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News