Talk Show
Generasi Beraksi: “Anak Muda dan Cita-cita untuk Indonesia”. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – Indonesia memiliki potensi untuk menjadi negara yang besar di dunia. Dalam rangka mempersiapkan generasi penerus terbaik, Aksiologi, sebuah gerakan yang merupakan bagian dari forum Akhlak Indonesia, melaksanakan rangkaian talk show di berbagai SMA di Jakarta, yang bertajuk “Anak Muda dan Cita-cita untuk Indonesia” yang menyasar para pelajar sebagai inventaris bangsa.

Pada Kamis (9/2/2023) lalu, seri talk show ini dilaksanakan di SMA 70, Bulungan, Jakarta Selatan dan menghadirkan narasumber dari berbagai bidang, yaitu Head of Business Developmnent Mahaka Sports Mahatma Arfala Thohir, Influencer dan Entrepreneur Fariza Yahya, dan Psikolog Nabila Audi. Acara ini dibuka oleh Ketua Aksiologi Indonesia Bijak Fadhil Ahmad yang memiliki rekam jejak dalam berbagai organisasi dan pergerakan di tingkat lokal maupun nasional.

Head of Business Developmnent Mahaka Sports, Mahatma Arfala Thohir yang juga merupakan putra dari Menteri BUMN RI, Erick Thohir, dalam kesempatan ini berbagi tentang kiat-kiat memulai suatu usaha, berbagai tantangan yang dihadapinya sebagai entrepreneur muda dan bagaimana ia menghadapi tantangan tersebut. Pemuda yang akrab disapa Arfa ini menyampaikan, bahwa anak muda harus punya courage atau keberanian untuk memulai suatu usaha dan perlu adaptability atau kemampuan untuk beradaptasi dengan berbagai macam situasi, communication skill atau kemampuan berkomunikasi, di mana kemampuan mendengar dengan baik termasuk di dalamnya, dan yang tidak kalah penting adalah kemampuan untuk deliver atau menyelesaikan tugas-tugas dengan baik.

“Selain kemampuan yang diperlukan di awal memulai usaha, kita juga harus mampu menghadapi berbagai tantangan dalam perjalanannya, terutama tantangan melawan diri sendiri. Hal ini berarti, bagaimana kita mendorong diri kita dalam menghadapi permasalahan yang ada dan memecahkannya dan tidak berhenti saat menghadapi kegagalan. Satu hal lagi yang sering saya bagikan dengan teman-teman adalah, apapun bentuknya, setiap dari kita pasti memiliki privilege atau kemudahan, keistimewaan. Di satu sisi, kita harus memanfaatkan privilege yang kita miliki sebaik mungkin tanpa menjadi cepat puas atau menggampangkan segala hal. Sebagai contoh, pengalaman saya bersekolah di luar negeri sejak SMA adalah sebuah privilege. Namun, bagaimana saya berproses dan berjuang melalui berbagai hal selama menjadi anak rantau, itulah yang membentuk karakter saya dan membuat saya menjadi seorang pemuda yang tangguh, terlepas privilege yang saya miliki,” ucap Arfa.

Baca Juga :  Tebar Pengaruh TIK dan Pola Asuh Gen-Z, Mahasiswa Polstat STIS Lakukan PKL di Buleleng

Dalam kesempatan yang sama, Psikolog Nabila Audi berbagi tentang kiat-kiat dalam mengerucutkan pilihan jurusan.

“Salah satu cara untuk mengetahui jurusan yang cocok dengan diri kita adalah dengan menggali apa yang menjadi kesukaan kita, terutama bagi teman-teman yang sekarang duduk di kelas 11 dan bersiap-siap menentukan pilihan jurusan di perguruan tinggi nanti,” ujar Nabila.

Influencer dan Entrepreneur, Fariza Yahya menyampaikan, bahwa dalam menyiapkan usaha, uang bukanlah satu-satunya modal.

“Menjadi penting untuk memiliki keinginan yang kuat dan mampu menetapkan tujuan yang jelas. Sayapun memulai bisnis dari nol. Oleh sebab itu, bagi adik-adik SMA, bisa memulai bisnis dari skala terkecil sekalipun. Harus gigih dan tekun dalam apapun yang diupayakan,” ucap Fariza.

Baca Juga :  Vespa Batik Hadir di Museum Batik Indonesia

Pada akhirnya, setiap anak muda yang ingin menjadi leader atau pemimpin dan entrepreneur atau pengusaha harus memperisapkan dan meningkatkan kapasitas diri dari sekarang. Dengan misi mendorong generasi terbaik di era terbaik, Aksiologi Indonesia terus mengedepankan generasi yang peduli kemajuan pemuda bangsa, dimulai dari tingkat pelajar SMP dan SMA. Aksiologi Indonesia didampingi oleh Dewan Pembina Forum Komunikasi Akhlak Indonesia (FKAI) Rovito Hoetomo, Ketua FKAI Muhammad Melvin, dan Sekber FKAI Dimas Wisramirantho.

Adapun rangkaian talk show yang diawali pada 7 Februari 2023 ini akan berlangsung di berbagai titik di Jakarta, Cirebon, Bandung, dan akan hadir di kota-kota lainnya di Indonesia. Informasi selanjutnya tentang kegiatan Aksiologi Indonesia dapat diakses melalui tautan ini.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News