fk unud
FK Unud Gelar Guest Lecture Fluid Stewardship. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Program Studi Spesialis Anestesiologi dan Terapi Intensif FK Unud menyelenggarakan Guest Lecture bertema ‘Fluid Stewardship’ yang diselenggarakan di Ruang Kuliah Departemen Anestesiologi, Denpasar pada Jumat (10/2/2023)

Guest lecture ini menghadirkan panelis Prof. Dr. Manu Malbrain, MD, PhD dan Dr. Adrian Wong, BSc, MBBS, MRCP, FRCA, FFICM, EDIC., dan dipandu oleh moderator Dr. Marilaeta Cindryani Ra Ratumasa, Sp.An, KIC, M.Biomed.

Kuliah tamu dibuka dengan sambutan dari ‪Wakil Dekan Bidang Akademik dan Perencanaan FK Unud, Dr. dr. I Gede Eka Wiratnaya, Sp.OT(K) yang menyampaikan pada masa peralihan setelah pandemi, mengadakan kuliah secara langsung adalah sebuah rangsangan baru dalam meningkatkan proses pembelajaran.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Prof. Dr. dr. Tjok GA Senapathi, Sp.An, KAR., selaku Koordinator Program Studi Spesialis Anestesiologi dan Terapi Intensif FK Unud serta Prof. Dr. dr. Made Wiryana, Sp.An, KIC, KAO. Kedua guru besar ini memaparkan mengenai peran Fluid Stewardship dalam mengoptimalkan outcome positif pada terapi pemberian cairan. Dimana cairan bukan lagi hanya sekedar cairan namun juga sebuah obat dalam memberikan terapi pada pasien.

Baca Juga :  Buka Gendo Law Office Open Karate Championship 2024, Pj. Gubernur Bali Harap Kejuaraan Tumbuhkan Karakter Karateka Sejati 

Pada kesempatan ini, kuliah tamu ini juga disertai dengan adanya pemaparan kasus dari dr. Kristian Felix Wundiawan sehingga lebih merangsang proses berpikir mengenai Fluid Stewardship dan memberikan contoh nyata terapannya pada pasien.

Acara ini diikuti oleh peserta yang berasal dari kalangan dosen dan peserta didik Program Studi Spesialis Anestesiologi dan Terapi Intensif FK Unud yang begitu antusias dalam mengenal lebih jauh mengenai optimalisasi terapi cairan. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News