Bunda PAUD
Bunda PAUD Kota Bandung Belajar Sistem Pendidikan PAUD di Kota Denpasar. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan, Bunda PAUD Kota Bandung, Dra. Hj Yunimar Mulyana belajar tentang penerapan sistem Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kota Denpasar.

Kunjungan Bunda PAUD Kota Bandung ini diterima langsung Bunda PAUD Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara di Aula SPNF SKB Kota Denpasar, Rabu (22/2/2023).

Dalam kesempatan itu, Dra. Hj Yunimar Mulyana mengatakan, penerapan sistem pendidikan PAUD Kota Denpasar sangat bagus, karena itu pihaknya ingin belajar di Kota Denpasar.  Tidak hanya itu pihaknya juga ingin mengetahui implementasi tentang wajib PAUD satu tahun sebelum masuk sekolah dasar. Apakah ada sistem pengawasannya atau kolaborasi dengan OPD terkait.

“Dari hasil kunjungan ini kami berharap bisa diterapkan di Kota Bandung,” kata Dra. Hj Yunimar Mulyana.

Baca Juga :  Laksana Becik Gandeng SD No. 4 Tuban, Gencarkan Program Edukasi dan Pengembangan Apotek Hidup

Bunda PAUD Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara mengucapkan terima kasih atas kunjungan Bunda PAUD Kota Bandung bersama rombongan.

Menurut Ny. Sagung Antari Jaya Negara, Kota Denpasar yang terdiri dari 4 kecamatan dan 43 desa/kelurahan dimana PAUD telah tersebar di semua desa/kelurahan. Sehingga program 1 desa satu PAUD telah terpenuhi

Lebih lanjut dikatakan, satuan PAUD aktif di Kota Denpasar meliputi TK sebanyak 298 lembaga, Kelompok Bermain (KB) 49 lembaga, Taman Penitipan Anak (TPA) 20 dan SPS  3 lembaga.

Sementara dari jumlah satuan pendidikan yang ada di Kota Denpasar, sebanyak 3 satuan pendidikan TK lulus mengikuti program sekolah penggerak angkatan 1, kemudian 10 satuan PAUD lulus PSP angkatan kedua dan 7 satuan PAUD lulus PSP angkatan ketiga.

Baca Juga :  Seluruh Kantor Pajak di Bali Buka Layanan Tanggal 30 dan 31 Maret 2024

“Saat ini seluruh satuan PAUD PSP sedang berproses untuk meningkatkan kualitas lembaga dengan berbagai intervensi yang diberikan pemerintah. “Sementara itu 211 PAUD di Kota Denpasar sudah mengikuti implementasi kurikulum merdeka (IKM) dan sebagian lagi sedang berproses melakukan pendaftaran IKM,” ujarnya.

Ny. Sagung Antari Jaya Negara menambahkan sejak dikukuhkan, Pokja Bunda PAUD Kota Denpasar telah melakukan berbagai kegiatan diantaranya, Pengukuhan Bunda PAUD Kecamatan/Desa/Kelurahan. Bimtek bagi Bunda PAUD Kecamatan dan Desa/Kelurahan se-Kota Denpasar.  Pembentukan Pokja Bunda PAUD tingkat kecamatan/ desa/kelurahan, bimtek lingkungan belajar berkualitas, diklat dasar berjenjang PAUD pencegahan stunting.

Baca Juga :  Jadi Wadah Partisipasi Anak Dalam Pembangunan, Sekda Alit Wiradana Buka Grand Final Gempita Anak Kota Denpasar Tahun 2024

Terkait PAUD HI, Bunda PAUD Kota Denpasar telah melakukan pembinaan kepada 12 PAUD yang tersebar di 4 kecamatan untuk dapat menjadi acuan standar penyelenggaraan PAUD HI di Kota Denpasar.

Seluruh Pokja Bunda PAUD se-Kota Denpasar saling kerkolaborasi dalam rangka mewujudkan PAUD berkualitas di Kota Denpasar.

Dengan kunjungan ini semoga dapat saling berbagi informasi untuk kemajuan PAUD di Indonesia menuju PAUD berkualitas.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News