Denpasar IT Community
Wali Kota Denpasar, I.G.N Jaya Negara saat menerima Denpasar IT Community di Kantor Wali Kota Denpasar, guna persiapan kompetisi Thailand Inventors Day 2023. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Denpasar IT Community yang terdiri dari tim siswa SMPN 1 Denpasar, SMPN 8 Denpasar, SMPN 9 Denpasar, SMP Cipta Dharma, SMAN 7 Denpasar, dan Universitas Warmadewa, yang terpilih mengikuti Thailand Inventors Day 2023 sebagai ajang kompetisi inovator produk inovasi terbesar di Asia diselenggarakan di Bangkok pada 2-6 Pebruari mendatang. Sebelum ikut berkompetisi para siswa ini diterima Wali Kota Denpasar, I.G.N Jaya Negara, di Kantor Wali Kota Denpasar, pada Kamis (12/1/2023).

Seperti diketahui, Denpasar IT Community, sebelumnya mengikuti seleksi tingkat nasional pada event Indonesia Invention and Innovation Promotion Association (INNOPA) 2022 secara online. Para siswa duta Denpasar akan menampilkan produk inovasi Social Distancing Bag yang memiliki fungsi sebagai pengingat social distancing yang berisi suara mengingatkan penggunanya untuk menjaga jarak dengan fitur penambah daya handphone didalamnya, serta Auto Trash Machine yakni sebuah tong sampah yang dapat berjalan dengan kontrol melalui aplikasi di smartphone, dilengkapi sensor ultrasonik untuk membuka dan menutup tong sampah tanpa menyentuh.

Baca Juga :  Sesuai Formasi, 364 Peserta Dinyatakan Lulus CPNS Kota Denpasar 2019

Wali Kota Denpasar, I.G.N Jaya Negara didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar, A.A Gede Wiratama, saat pertemuan mengatakan, pihaknya selaku Pemerintah Kota Denpasar mengaku bangga dengan prestasi yang telah diraih, dan turut mendukung keturutsertaan dalam Thailand Inventors Day 2023 mendatang.

“Saya sangat mendukung inovasi yang telah berhasil diciptakan. Disamping itu saya minta agar hasil dari produk inovasi yang dibuat ini bisa segera didaftarkan untuk hak ciptanya, sehingga tidak diklaim oleh pihak lain. Hal ini untuk melindungi dari penyalahgunaan, serta serta sebagai penghormatan sebagai kekayaan intelektual,” kata Jaya Negara.

Baca Juga :  Unpad Selenggarakan BUMN Hadir di Kampus

Selebihnya dia berharap kedepan Denpasar IT Community ini dapat terus mengembangkan karya dan inovasinya untuk pembangunan di Kota Denpasar.

Sementara itu, Pembina Tim Denpasar IT Community, I Ketut Nugraha Swadharma, saat ditemui menyampaikan, persiapan yang saat ini tengah dilakukan untuk kompetisi di Thailand Inventors Day 2023 meliputi kemampuan presentasi produk dalam bahasa Inggris dan penyempurnaan serta finishing produk.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini