Sosialisasi ZI
UGM Sosialisasikan Pembangunan Zona Integritas di Lingkungan Kampus Menuju WBK dan WBBM. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, YOGYAKARTA – UGM melakukan kegiatan sosialisasi pembangunan zona integritas di lingkungan kampus, Jumat (27/1/2023) di ruang Multimedia Kantor Pusat UGM. Sosialisasi dilaksanakan sebagai upaya mewujudkan zona integritas di seluruh kawasan kampus sekaligus tercipta Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Bebas Birokrasi dan Melayani (WBBM).

Ketua Tim Zona Integritas UGM yang juga menjabat Sekretaris Rektor UGM, Wirastuti Widyatmanti, S.Si., Ph.D., menyampaikan, bahwa pembangunan zona integritas di lingkungan kampus UGM diharapkan dapat semakin memperkuat integritas pelayanan kepada publik. Ia meyakini pembangunan zona integritas nantinya akan berjalan karena integritas telah menjadi budaya yang mengakar kuat di UGM.

Baca Juga :  Danamon Umumkan Kinerja Keuangan Tahun 2023, Cetak Rekor Tertinggi Penyaluran Kredit

“Saya yakin tidak sulit untuk membangun zona integritas karena integritas telah menjadi budaya di UGM,” tuturnya.

Oleh karenanya, ia mengajak seluruh unit kerja di UGM untuk bekerja bersama dan saling mendukung dalam membangun zona integritas menuju WBL dan WBBM.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Aset, dan Sistem Informasi, Arief Setiawan Budi Nugroho, S.T., M.Eng., Ph.D., menyampaikan, bahwa pencanangan pembangunan zona integritas di perguruan tinggi oleh pemerintah bertujuan untuk mendorong kampus-kampus mengimplementasikan tata kelola perguruan tinggi yang baik dan bersih. UGM pada tahun 2021 menunjuk Fakultas Teknik sebagai zona integritas UGM dan berhasil memperoleh predikat WBK dari Korupsi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Ia mengatakan, akan ada banyak kendala maupun tantangan dalam mewujudkan unit kerja berintegritas. Namun ia meminta unit-unit kerja di UGM untuk tidak mudah menyerah dalam menghadapi berbagai tantangan yang ada.

Baca Juga :  Hyundai Hadirkan Mobil Listrik Terbaru dan Inovasi Layanan Terdepan di IIMS 2024 

Dalam kesempatan tersebut dipaparkan penjelasan terkait pembangunan zona integitas oleh Wakil ketua tim zona integritas UGM, Ertambang Nahartyo, M.Sc., Ph.D. Selain itu juga disampaikan praktik baik yang telah dilakukan oleh Fakultas Teknik UGM yang sebelumnya ditetapkan sebagai Zona Integritas UGM tahun 2021 dan menerima perdikat WBK dari Kementerian PAN RB pada akhir tahun 2021 lalu.

Sosialisasi diikuti oleh perwakilan dari setiap Fakultas dan Sekolah di UGM. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Sektertaris Komite Audit UGM, Prof. Ir. Suryo Hapsoro, Ph.D.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News