Nelayan
Tingkatkan Sinergitas Pembangunan, Bupati Tabanan Buka Rembug Paripurna Daerah Kelompok KTNA Tabanan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Sebagai wujud sinergitas Pemerintah Kota Tabanan dengan Kelompok KTNA (Kontak Tani Nelayan Andalan) dalam membangun dan memajukan Kabupaten Tabanan, dalam hal ini Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E., M.M., menghadiri sekaligus membuka Rembug Paripurna Daerah Kelompok KTNA Kabupaten Tabanan yang berlangsung di Ruang Rapat Kantor Desa Gubug, Tabanan, Minggu (22/1/2023).

Rembug paripurna yang bertemakan ‘Bersama KTNA kita wujudkan Petani-Nelayan Sejahtera, Mandiri dan Berbudaya’ ini juga dihadiri oleh perwakilan Anggota DPR RI, Ketua DPRD Kabupaten Tabanan, Sekda Tabanan, Para Kepala OPD Terkait di lingkungan Pemkab Tabanan, Ketua KTNA Provinsi Bali dan Kabupaten Tabanan, Camat Tabanan dan Perbekel Desa Gubug.

Pentingnya pertanian dalam arti luas di era modern ini, menjadi hal yang sangat menarik untuk didiskusikan, terlebih saat ini pertanian tidak hanya semata terkait pemenuhan kebutuhan pokok, namun telah menjadi bagian dari proxy war global. Bupati Tabanan, Sanjaya, menekankan beberapa point utama terkait pentingnya keberadaan organisasi KTNA di Tabanan, yang utama ialah harapannya agar organisasi ini betul-betul bisa menjadi representasi dari keberadaan dan kemajuan pertanian dalam arti luas di Kabupaten Tabanan. Selalu adaptif dengan perubahan dan mengubah paradigma berpikir secara berkala.

Upaya serius perlu dilakukan secara bersama-sama dan KTNA harus bisa mengambil peran secara signifikan untuk membantu mendorong generasi muda agar tertarik dan terlibat di sektor pertanian.

Baca Juga :  Bupati Tabanan Hadiri Perayaaan Meselametan dan Ulang Tahun Ke-95 Masjid Besar Al Hidayah Bedugul

“Saya sangat mendorong KTNA bisa segera melakukan transfer pengetahuan kepada para anggota, sehingga di era digitalisasi pertanian, KTNA bisa membina para pelaku utama dan pelaku usaha millenial, market place dan konsep smart farming termasuk IOT (Internet of Thing),” papar Sanjaya.

Lebih lanjut agar KTNA Tetap membangun komunikasi dan sinergitas dengan berbagai pihak, terutama dengan Pemerintah Daerah, mengingat saat ini fokus dan komitmen guna memajukan pertanian telah tertuang dalam visi daerah menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani (AUM).

Baca Juga :  Prof Windia: Pemerintah Abai, Petani Sampai Tak Dapat Air

“Di atas itu semua, saya ingin menyampaikan terima kasih atas peran dan prestasi yang telah ditorehkan oleh kepengurusan KTNA Tabanan masa bhakti 2018-2023, semoga kepengurusan yang baru periode 2023-2028 akan segera terbentuk dan dapat melanjutkan hal-hal baik yang sudah dilaksanakan oleh kepengurusan sebelumnya,” ucapnya lebih lanjut.

Sesuai dengan tujuan pelaksanakan Rembug Paripurna Daerah KTNA yakni Meningkatkan Motivasi Pengurus Kelompok KTNA Kabupaten Tabanan dan Petani-Nelayan Tabanan selaku pelaku utama sistem dan usaha agribisnis, harapan yang disampaikan oleh Ketua Panitia Pelaksana, I Wayan Sukanada, S.Pd terhadap 54 anggota terlantik juga kedepannya agar terbentuk pengurus yang betul-betul dapat bersinergi dengan Pemerintah Daerah.

Baca Juga :  Disaksikan Banyak Pihak, MoU PDDS dengan Marriot Group Resmi Ditandatangani

“Pelaksanaan Rembug Paripurna Daerah Kelompok KTNA Kab Tabanan diawali dengan pelaksanaan Rembug Paripurna Daerah Kecamatan Se-Kab Tabanan yang telah dilakukan secara paralel di bulan Desember tahun 2022 dan sudah berjalan dengan baik dan lancar, hal itu tentunya disebabkan karena adanya kerjasama yang baik dan adanya dukungan dari semua pihak, terlebih dalam mempersiapkan PENAS 16 tahun 2023 di bulan Juni mendatang,” ungkap Sukanada.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini