Lansia Meninggal
Proses evakuasi terhadap jenazah Luh Suci yang ditemukan meninggal di sebuah Gubuk tempatnya sehari-hari tinggal tepatnya di Banjar Dinas Palbesi, Desa/Kecamatan Gerokgak, Buleleng. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Warga di Banjar Dinas Palbesi, Desa/Kecamatan Gerokgak, Buleleng sempat geger lantaran wanita berusia 70 tahun bernama Luh Suci ditemukan meninggal dunia dengan kondisi jenazah membusuk dan dipenuhi belatung, Sabtu (7/1/2023) sekitar pukul 19.00 WITA.

Luh Suci diketahui selama 3 hari kebelakang sudah tidak pernah terlihat serta beraktivitas seperti biasa. Curiga dengan hal itu, Putu Windia (60) yang merupakan salah satu keluarga korban kemudian meminta Putu Darmika (53) bersama Kadek Budiadita (36) untuk melakukan pencarian terhadap Luh Suci.

Kemudian sekitar pukul 19.00 WITA kedua saksi langsung berinisiatif untuk mengecek ke sebuah Gubuk di Banjar Dinas Palbesi, Desa/Kecamatan Gerokgak yang merupakan bangunan tempat sarang burung walet milik pak Pono dan dijadikan tempat oleh tinggal Luh Suci.

Benar saja sesampainya dilokasi keduanya sudah menghirup bau kurang sedap serta setelah pintu rumah dibuka ternyata jasad Luh Suci sudah dalam posisi terlentang, kepala ditimur dengan kedua tangan dan kaki menekuk. Ditambah kondisi jasad sudah membusuk, warna kulit biru kehitaman serta dipenuhi belatung.

Baca Juga :  Kapolda Bali Sambut Kedatangan Tim Audit Kinerja Tahap II Itwasum Polri T.A. 2022

“Si nenek ini sudah ditemukan dalam kondisi meninggal dunia, jasad membusuk serta dipenuhi belatung dengan posisi jasad terlentang kepala ditimur, kedua kaki dan tangan menekuk,” ungkap Kasi Humas Polres Buleleng, AKP Gede Sumarjaya saat dikonfirmasi, Minggu (8/1/2023).

Mendapati kondisi perempuan yang memiliki tinggi sekitar 141 Centimeter tersebut sudah membusuk dan dipenuhi belatung. Maka kedua saksi langsung bergegas mencari bantuan serta memberitahukan kepada Babinsa, Bhabinkamtibmas beserta Perbekel Desa Gerokgak agar mendapatkan tindakan penanganan lebih lanjut.

Tidak berselang lama tim medis Puskesmas I Gerokgak akhirnya datang dan langsung melakukan proses pemeriksaan. Hasilnya ditemukan bengkak di seluruh tubuh disertai warna biru kehitaman dan sudah dikerumuni belatung.

“Diduga korban mengalami sakit dan tidak ada yang menemani pada saat berada di dalam gubuk sehingga mengakibatkan korban meninggal dunia. Tidak ditemukan luka apapun dan korban diduga telah meninggal antara 2-3 hari lalu,” pungkas AKP Sumarjaya.

Kini jenazah korban sudah dievakuasi menggunakan mobil PMI yang selanjutnya diserahkan kepada pihak keluarga. Selain itu pihak keluarga menolak untuk dilakukan proses autopsi terhadap jenazah dan telah mengiklaskan kematian Luh Suci yang diduga karena sakit.(dar/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini