Solusi Tangani Banjir
Solusi Tangani Banjir Kawasan Pura Demak, Pemkot Denpasar Siapkan Rumah Pompa dan Normalisasi Saluran Drainase. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Seringnya terjadi genangan saat hujan di kawasan Jalan Pura Demak, mendapatkan perhatian serius dari Pemkot Denpasar. Pada Jumat (20/1/2023) Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara langsung turun memimpin peninjauan dan pengambilan langkah solusi penanganan genangan di kawasan Jalan Pura Demak, Desa Dauh Puri Kelod dan sekitarnya. Hadir dalam kesempatan tersebut, Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana, Kadis Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Denpasar, A.A Ngurah Bagus Airawata, Kabag Protokol, Kalaksa BPBD, I.B Joni Ariwibawa dan Komunikasi Pimpinan, Dewa Gede Rai serta OPD terkait Pemkot Denpasar.

Baca Juga :  Pj Gubernur Bali Pimpin Apel Gelar Pasukan Ketupat Agung

Meski dalam situasi libur hari Siwalatri, Jaya Negara turun langsung meninjau dan menelusuri ruas jalan kawasan Pura Demak yang terjadi genangan.

“Kita saat ini turun bersama meninjau serta untuk dapat merumuskan permasalahan serta mencarikan solusi dalam penanganan genangan di Pura Demak,” ujar Jaya Negara.

Dalam peninjauan yang dijelaskan Jaya Negara, pihaknya juga melibatkan Balai Wilayah Sungai (BWS) Bali Penida dan akan melaksanakan pembuatan serta melakukan pengkajian untuk pembuatan rumah pompa, longstorage sehingga genangan dapat teratasi. Di samping itu juga kita maksimalkan atau normalisasi saluran-saluran drainase yang sudah ada.

Baca Juga :  Gelar Apel Kesiapsiagaan, Dinsos P3A Bali Peringati HUT Ke-20 Tagana dan Pengukuhan Forum Komunikasi Tagana Provinsi Bali Periode 2024-2029

“Saat ini sedang kita jajagi untuk pembuatan rumah pompa, longstorage dan memaksimalkan saluran drainase yang ada serta pembuatan manhole,” ujarnya.

Sementara Kadis PUPR, A.A Ngurah Bagus Airawata menyampaikan, pihaknya akan segera menindak lanjuti arahan dari Wali Kota Denpasar untuk melakukan pembahasan bersama BWS. Di samping itu pihak BWS juga telah melakukan kajian dengan langkah bersama sehingga nanti dapat melaksanakan penanganan genangan di kawasan Jalan Pura Demak.

“Untuk memaksimalkan saluran drainase yang telah ada juga, kami secara rutin melakukan penggelontoran dengan menurunkan petugas dan melakukan pembersihan saluran drainase atau got yang ada, serta nanti dalam antisipasi akan kami siapkan manhole untuk mengantisipasi genangan di kawasan Pura Demak,” ujar Airawata.

Pihaknya juga mengimbau masyarakat untuk bersama-sama mendukung upaya pencegahan banjir di Kota Denpasar dengan tidak membuang sampah ke saluran air. Seperti diketahui kawasan Pura Demak memang menjadi langganan banjir saat musim hujan. Disampaikan pula oleh Airawata bahwa saat ini di Denpasar masih terdapat 11 titik lokasi banjir yang sebelumnya terdapat 32 lokasi.

“Dengan berbagai langkah yang kami lakukan dapat mengurangi titik-titik banjir yang ada di Kota Denpasar,” pungkasnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News