Listrik
Siap Sambut World Cup U-20, PLN Pastikan Listrik Stadion Kapten Dipta Andal. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, GIANYAR – Demi mendukung kesuksesan ajang Piala Dunia Sepakbola U-20 atau FIFA World Cup U-20 yang akan digelar 20 Mei hingga 11 Juni 2023 mendatang, PLN memastikan kesiapannya untuk menghadirkan listrik tanpa kedip selama kegiatan berlangsung.

Saat mengikuti site visit pemeriksaan oleh FIFA U-20 Lead Project, Christian Schmolzer di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Selasa (10/1/2023), General Manager PLN UID Bali, I Wayan Udayana dalam pemaparannya menyebutkan bahwa khusus untuk Stadion ini sendiri, PLN sudah melakukan assesment menyeluruh khususnya pada instalasi stadion dan akan segera ditindaklanjuti untuk pengamanan pasokan listriknya.

Baca Juga :  Antisipasi Mei Day, Polsek Kediri Siaga I

“Selama kegiatan akan ada kebutuhan listrik untuk penerangan di lapangan, papan skor, perimeter board, ruang server dan media center, serta tribun VIP dengan total kebutuhan listrik sebesar 1,805 MVA,” terangnya.

Untuk memastikan keandalan pasokan listrik, Udayana mengatakan akan memasok listrik menggunakan 2 sumber penyulang jaringan listrik dengan 4 lapis pengamanan.

“Standar pengamanan ini dilakukan untuk menghindari pasokan listrik ke venue tidak mengalami kedip ataupun jika terdapat gangguan yang tidak dapat diprediksi, maka manuver penyediaan listrik hanya membutuhkan waktu kurang dari 1 detik, sehingga tidak akan terasa ada kedip selama kegiatan,” tegasnya.

PLN juga menyiagakan setidaknya 168 personil yang tak hanya focus pada pengamanan listrik di stadion saja, namun termausk juga lokasi menginap tamu VVIP dan para pemain serta tempat wisata dan restauran yang berada di sekitar stadion.

Baca Juga :  Ikat Selendang, Wagub Sudikerta Tutup Bali Mandara Nawanatya 2017

“Kami menambah suplai listrik sebagai pasokan cadangan antara lain berupa 11 unit uninterruptible power supply, 5 unit gardu bergerak, dan 6 unit genset yang masing–masing akan ditempatkan di lokasi–lokasi yang telah ditentukan sesuai dengan kebutuhan,” jelas Udayana.

Ia juga mengungkapkan, beberapa infrastruktur kelistrikan juga akan direvitalisasi guna mengoptimalkan keandalan jaringan listrik, dan untuk itu, pihaknya mengharapkan dukungan dari Kementerian BUMN demi kelancaran sehingga dapat selesai sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Kegiatan ini juga diikuto oleh Project Management Office (PMO) Kementerian BUMN, Reynaldi Istanto yang menyambut positif upaya PLN, dan menyanggupi akan memberikan dukungan yang dibutuhkan untuk kelancaran persiapan pengamanan pasokan listrik.

Baca Juga :  Gerakan 3R Solusi Atasi Krisis Sampah

Turut hadir dalam kunjungan ini yakni perwakilan dari Dinas PUPR, Sekda Gianyar, Dewa Alit Mudiarta, dan Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Gianyar, Anak Agung Gede Agung.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini