fisip unud
KPU Bali Lepas Mahasiswa Magang FISIP Unud. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dalam rangka melanjutkan estafet kemitraan yang telah terjalin antara KPU Provinsi Bali dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Udayana (FISIP), tepat pada hari ini telah diselenggarakan acara pelepasan mahasiswa magang MBKM di KPU Provinsi Bali secara resmi bertempat di Ruang Rapat Lantai 2 Kantor Sekretariat KPU Provinsi Bali, Senin (9/1/2023).

Kegiatan magang ini berlangsung selama kurang lebih 5 bulan terhitung sejak 1 Agustus 2022 – 2 Januari 2023 atau mengikuti jumlah KRS yang ditukarkan oleh masing-masing mahasiswa. Pemagangan atau praktek kerja ini diikuti sebanyak 14 mahasiswa FISIP yang terdiri dari 6 mahasiswa Prodi Ilmu Politik, 6 mahasiswa Prodi Administrasi Publik serta 2 mahasiswa Prodi Sosiologi angkatan 2020. Dalam praktiknya, keempat belas mahasiswa tersebut dibagi ke dalam 3 bagian struktural daripada lembaga KPU Provinsi Bali yang terdiri Bagian Umum dan Logistik, Bagian Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Partisipasi dan Hubungan Masyarakat, Hukum dan SDM serta Bagian Perencanaan Data dan Informasi. Mahasiswa ini kemudian dibagi di setiap bagiannya sebanyak 2-3 orang menyesuaikan dengan kebutuhan setiap bagian yang bersangkutan.

Baca Juga :  Meningkatkan Kemampuan Tenaga Kesehatan, Departemen Ilmu Kesehatan Anak FK Unud Gelar Pendidikan Kedokteran Berkelanjutan

Pada periode waktu pertengahan kedua tahun 2022 tersebut mahasiswa telah mengikuti beragam rangkaian kegiatan kepemiluan yang diselenggarakan oleh KPU Provinsi Bali. Kegiatan yang diadakan baik secara halfday, fullday maupun fullboard ini merupakan bentuk implementasi daripada masa tahapan, verifikasi berkas, pendaftaran partai politik serta tahapan lainnya yang sedang berlangsung. Kegiatan tersebut bertujuan membahas, meninjau, mengkoordinasikan serta mengevaluasi tahapan kepemiluan yang sedang terlaksana agar mampu menciptakan situasi kerja yang berprinsip efektif dan efisien yang kemudian mampu menghasilkan output maksimal. Secara umum mahasiswa telah mengikuti hampir seluruh rangkaian kegiatan yang diselenggrakan KPU Provinsi Bali.

Kegiatan tersebut diantaranya adalah rapat koordinasi, rapat sinkronisasi, rapat pleno, bimbingan teknis, monitoring dan evaluasi, pelatihan, sosialisasi, press tour, temu media serta beragam kegiatan lainnya baik yang mengundang KPU Kabupaten/Kota maupun instansi lain yang bersangkutan.

Baca Juga :  Hebat! Mahasiswa TPB FTP Unud Raih 5 Medali Pada Kramsi X Tahun 2022

Sebagai final project, mahasiswa magang KPU Provinsi Bali dalam kesempatan ini kembali menggarap sebuah project bahan sosialisasi dalam bentuk permainan yang diperuntukkan sebagai sarana sosialisasi kepemiluan yang diberi nama ‘Lulu KPU’. Lulu KPU ini berasal dari permainan ludo yang dikemas serta dimodifikasi dengan menambahkan peran kartu yang memuat pertanyaan seputar kepemiluan di dalamnya.

Project ini pun mendapat respon positif dari pihak KPU Provinsi Bali yang menyebutkan bahwa permainan ini menjadi terobosan lanjutan dari media sosialisasi pemilu, terlebih di tahun 2024 tepatnya pada tanggal 14 Februari Indonesia akan melaksanakan pemungutan suara sebagai wujud dari pesta demokrasi. Maka dari itu, media-media sosialisasi seperti saat ini sangatlah dibutuhkan.

Acara pelepasan ini dihadiri oleh Dr. Drs. I Nengah Punia, M.Si., selaku Dekan FISIP Universitas Udayana beserta keempat anggota KPU Provinsi Bali yakni I Dewa Agung Gede Lidartawan selaku Ketua KPU Provinsi Bali, I Gede John Darmawan, I Gusti Ngurah Agus Dharmasanjaya dan Luh Putu Sri Widyastini selaku Anggota KPU Provinsi Bali, Koordinatir Program Studi Ilmu Politik dan Admnistrasi Publik serta jajaran dosen di lingkungan FISIP Udayana. Agenda pelepasan terdiri atas sambutan sekaligus pembuka, penyampaian laporan magang oleh salah satu mahasiswa FISIP, presentasi dan simulasi project, penyampaian kesan pesan, penutup sekaligus pelepasan mahasiswa magang secara resmi dan sesi foto bersama.

Melalui kesempatan ini pula Ketua KPU Provinsi Bali, Agung Lidartawan menyampaikan apresiasi terhadap mahasiswa magang mengenai dedikasi mereka selama 5 bulan berada di KPU Provinsi Bali yang sekaligus mengucapkan terima kasih dan meminta maaf kepada mahasiswa magang apabila terdapat kekurangan selama pemagangan.

“Mitra kerja yang telah terjalin ini juga rencananya akan membuat kegiatan seminar nasional di pertengahan tahun 2023,” ucapnya. (Unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini